BolaSkor.com - Barcelona mengumumkan lewat situs resmi klub, Lionel Messi akan menjabat sebagai kapten baru. Bersamaan dengan itu, Blaugrana juga merilis daftar hierarki kapten.

Kepergian Andres Iniesta membuat Barcelona harus menentukan susunan kapten baru. Dalam penentuan kapten, lulusan akademi La Masia lebih diutamakan.

Lionel Messi memang sempat mengemban ilmu di akademi La Masia. Selain itu, penyerang asal Argentina tersebut merupakan pemain yang paling lama membela Barcelona.

Peran wakil kapten menjadi milik Sergio Busquets yang juga lulusan akademi Barcelona. Hal itu cukup mengejutkan karena Gerard Pique lebih senior dibandingkan Busquets.

Gerard Pique sendiri akhirnya mengemban tugas sebagai kapten andai Lionel Messi dan Sergio Busquets absen. Sebelumnya, Pique kerap terpinggirkan akibat tingkah lakunya yang kontroversial.

Yang mengejutkan, Sergi Roberto menjadi kapten keempat Barcelona. Padahal masih ada Ivan Rakitic, Marc-Andre ter Stegen, dan Jordi Alba yang relatif lebih senior.

Pemilihan keempat kapten dari lulusan La Masia cukup ironis. Pasalnya, La Masia kerap dianggap gagal menghasilkan produk baru untuk tim utama Barcelona.

Akan tetapi, terdapat lulusan La Masia yang siap membela Barcelona mulai musim 2018-2019. Riqui Puig bakal tampil untuk tim utama Blaugrana.

Kali terakhir Barcelona memiliki empat kapten lulusan La Masia adalah 2014-2015. Saat itu, Blaugrana dipimpin Xavi Hernandez, Andres Iniesta, Lionel Messi and Sergio Busquets.