BolaSkor.com - Kegagalan Barcelona finish sebagai pemuncak klasemen grup Liga Champions menempatkan mereka di pot kedua undian 16 besar. Alhasil pertemuan melawan tim-tim top yang menjuarai grup tak terhindarkan.

Selepas undian yang dilakukan di Nyon, Swiss, Senin (14/12) malam WIB Barcelona kembali bertemu dengan tim yang cukup sering mereka hadapi di Eropa: PSG (Paris Saint-Germain). Barca akan terlebih dahulu jadi tuan rumah di Camp Nou pada 17 Februari 2021 di leg pertama.

Semenjak diambilalih Nasser Al-Khelaifi pada 2011 PSG langsung menjadi kekuatan besar di Prancis dan Eropa. Dengan kekuatan uang mereka mendatangkan bintang-bintang seperti Zlatan Ibrahimovic, Edinson Cavani, Thiago Silva, hingga kini memiliki Neymar dan Kylian Mbappe.

Neymar yang direkrut dari Barcelona pada 2017 dengan rekor transfer 222 juta euro langsung mengunggah foto dengan sahabatnya, Lionel Messi setelah hasil undian itu.

Baca Juga:

Capres Barcelona Terang-terangan Ungkap Rencananya untuk Lionel Messi

Undian 16 Besar Liga Champions: Barcelona Jumpa PSG, Chelsea Tantang Atletico

10 Fakta Menarik dari Undian 16 Besar Liga Champions 2020-2021

Barcelona vs PSG di Liga Champions

PSG tak bisa lagi dianggap sebagai tim 'baru' di Liga Champions setelah mencapai final musim lalu. Meski belum mewujudkan ambisi juara, tim arahan Thomas Tuchel tetap berbahaya dengan koleksi pemain bintang mereka.

"Kami tahu kami bisa bermain melawan tim yang kuat. PSG (tim yang kuat), tetapi juga sulit bagi mereka karena kami juga tim yang kuat dan saya melihatnya akan menjadi pertandingan yang seimbang," tutur pelatih Barcelona Ronald Koeman.

"Dalam beberapa tahun terakhir mereka telah menghabiskan banyak uang untuk membangun tim yang bisa memperebutkan gelar besar seperti Liga Champions. Musim lalu mereka mencapai final, dan itu adalah tim yang akan berada di sana (atau sekitar itu) selamanya."

"Kami juga ingin berada di sana, jadi saya melihatnya sebagai duel yang penting dan juga indah. Ini undian yang sulit, tapi ini 50-50. Mereka ingin terus maju di Liga Champions sama seperti kami. Mereka memiliki pemain hebat dan kami memiliki pemain hebat. Ini akan menjadi pertandingan yang menarik, baik di Barcelona dan Paris."

Sejarah sudah membuktikan bahwa duel Barcelona vs PSG bukan hal yang baru lagi di Eropa, bahkan ketika masih ada turnamen bernama UEFA Cup Winners' Cup. Dari enam pertemuan hanya sekali PSG menyingkirkan Barcelona.

Di antara pertemuan itu momen remontada alias comeback bersejarah terjadi pada musim 2016-2017. Barcelona kalah 0-4 di leg pertama 16 besar yang berlangsung di Paris, lalu berbalik menang 6-1 di Camp Nou.

Berikut enam pertemuan terakhir Barcelona vs PSG:

Perempat Final Liga Champions 1994-1995

Barcelona 1-1 PSG
PSG 2-1 Barcelona (PSG menang agregat gol 3-2)

Final UEFA Cup Winners' Cup 1996-1997

Barcelona 1-0 PSG

Perempat Final Liga Champions 2020-2013

PSG 2-2 Barcelona
Barcelona 1-1 PSG (Barcelona unggul agresivitas gol tandang 3-3)

Grup Liga Champions 2014-2015

PSG 3-2 Barcelona
Barcelona 3-1 PSG (kedua tim lolos ke-16 besar)

16 Besar Liga Champions 2016-2017

PSG 4-0 Barcelona
Barcelona 6-1 PSG (Barcelona menang agregat gol 6-5)