Barcelona Vs Sevilla: Piala Super Spanyol Dimainkan di Tangier dengan Format Berbeda

Arief HadiArief Hadi - Senin, 23 Juli 2018
Barcelona Vs Sevilla: Piala Super Spanyol Dimainkan di Tangier dengan Format Berbeda
Barcelona vs Sevilla (Zimbio)

BolaSkor.com - Tiap liga-liga top Eropa memiliki tradisi tersendiri yang dikemas dalam sebuah pertandingan untuk membuka kompetisi di musim baru. Inggris punya Community Shield dan Italia memiliki Piala Super Italia.

Pun demikian dengan Spanyol dengan tabir pembuka La Liga dibuka di ajang Piala Super Spanyol. Dua tim yang bertanding merupakan juara bertahan La Liga dan Copa del Rey. Namun, tahun ini kasusnya berbeda, karena kedua trofi itu disabet Barcelona musim lalu.

Jadi, Barcelona yang datang sebagai juara La Liga akan melawan runner-up Copa del Rey, Sevilla. RFEF selaku Federasi Sepak Bola Spanyol telah menentukan tempat dan tanggal berlangsungnya Piala Super Spanyol.

Sebagaimana dilansir dari ESPN (23/7), Piala Super Spanyol akan berlangsung untuk kali pertama di luar Spanyol, yakni di Stadion Tangier, Maroko, pada Minggu, 12 Agustus 2018 dengan waktu pertandingan dihelat pukul sembilan malam waktu Maroko. Stadion Tangier berkapasitas 45.000 penonton.

Bermain di tempat netral, format pertandingan juga berbeda dibanding edisi-edisi sebelumnya. Tahun ini Piala Super Spanyol hanya akan berlangsung sekali, tidak lagi dengan sistem dua leg kandang-tandang yang diberlakukan sejak tahun 1982.

Sevilla sedianya menolak format tersebut, tetapi, mereka kalah dengan suara bulat yang dikumpulkan Panitia Eksekutif RFEF. Presiden RFEF, Luis Rubiales, menjelaskan lebih lanjut mengenai Piala Super Spanyol.

"Keputusan bulat sudah dilakukan panitia untuk memainkan Piala Super sebagai laga tunggal pada 12 Agustus di area netral. Venue yang kemungkinan besar digunakan adalah Tangier. Kami mempertimbangkan opsi lain seperti Valencia dan Madrid, tapi, aspek finansial tidak ada di sana," tutur Rubiales.

"Temperatur di Tangier akan cocok sesuai dengan aspek finansial, Salah satu klub ingin kompensasi finansial sebanyak 950.000 euro. Bermain di Tangier akan mencukupinya. Tetapi, kami harus menanti persetujuan FIFA," sambungnya.

Barcelona telah memenangi Piala Super Spanyol dengan rekor kemenangan 12 kali, sementara Sevilla sekali meraihnya di tahun 2007. Laga melawan Sevilla juga menjadi reuni bek Barcelona, Clement Lenglet.

Breaking News Piala Super Spanyol FC Barcelona Sevilla fc Clement Lenglet
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan