Barisan Lagu Resmi Piala Eropa dari 1992 hingga 2020

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 03 Juni 2021
Barisan Lagu Resmi Piala Eropa dari 1992 hingga 2020
Martin Garix dengan trofi Piala Eropa (Laman Resmi UEFA)

BolaSkor.com - Musik adalah bahasa universal. Itulah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan musim yang dapat dinikmati semua kalangan dari anak kecil, muda, hingga orang tua. Itu juga mengartikan musim dapat masuk ke semua hal di dunia ini, tidak terkecuali sepak bola.

Selalu ada musim dalam sepak bola khususnya di stadion, baik itu sebelum laga dimulai atau selepas pertandingan berakhir. Bahkan tiap klub sepak bola di Eropa juga memiliki lagu masing-masing seperti YNWA Liverpool.

Musik juga digunakan di event besar seperti Piala Dunia dan Piala Eropa. Setiap edisi memiliki cerita masing-masing mengenai lagu resmi yang digunakan dengan lirik yang menjadi ciri khas, lantunan musik, hingga pencipta serta penyanyinya.

Baca Juga:

Deretan Televisi Nasional Pemegang Hak Siar Piala Eropa 2020

3 Hewan yang Jadi Peramal Andal pada Turnamen Sepak Bola

10 Pemain Termahal di Piala Eropa 2020

Martin Garrix, Bono, The Edge

Setiap Piala Eropa sejak 1992 memiliki lagu resmi dan pada perhelatan Piala Eropa 2020 lagu resminya adalah "We Are The People" yang diciptakan produser musik sekaligus DJ asal Belanda, Martin Garrix dengan bantuan Bono (U2) dan The Edge.

Masing-masing lagu resmi memiliki makna dan cerita berbeda. Berikut BolaSkor.com menjabarkan sederet lagu resmi yang digunakan sejak Piala Eropa 1992 hingga 2020:

1. Towe dan Peter Joback - More Than A Game (1992)

Timnas Denmark di Piala Eropa 1992

Diciptakan dan dinyanyikan oleh Towe & Peter Joback pada 1992 dengan judul "More Than A Game". Lagu itu menempati urutan 30 di peringkat lagu nasional terbaik dan saat itu Piala Eropa dihelat di Swedia.

Lagu itu bernuansa pop dengan vibe atau aura lagu-lagu ABBA dan salah satu bagian kunci dari liriknya adalah "Yes it's more than a game, more than fortune and fame" yang artinya "Ya ini (sepak bola) lebih dari sekedar laga, kekayaan dan popularitas".

2. Simply Red - We're In This Together (1996)

Timnas Inggris pada Piala Eropa 1996

Simply Red mengeluarkan lagu berjudul "We're In This Together" dan dengan singkat dari lagu itu bagian kunci dari liriknya adalah "We're in this together, forever, together."

Artinya sederhana: Kami bersama di dalamnya, selamanya, bersama. Lagu ini menjadi populer di Inggris (tuan rumah Piala Dunia 1996) meski pada akhirnya Jerman yang menjadi juara dengan mengalahkan Republik Ceko.

3. E-Type - Campione 2000 (2000)

Belgia dan Belanda menjadi tuan rumah Piala Eropa 2000. Musisi Swedia E-Type bersama Rick Blaskey dan Kent Brainerd membuat lagu berjudul "Campione 2000". Tak butuh waktu lama sebelum lagu ini menjadi populer di dunia dan bahkan dinyanyikan fans sampai saat ini.

Campione memiliki arti champion atau juara. Tak ayal ini selalu dinyanyikan tiap kali tim kesayangan fans menjadi juara dengan lirik "Campeones, campeones, oe, oe, oe."

4. Nelly Furtado - Forca (2004)

Dengan suaranya yang merdu penyanyi asal Kanada, Nelly Furtado membawakan lagunya berjudul "Forca" pada Piala Eropa 2004 yang dihelat di Portugal. Lagu ini terdiri dari campuran bahasa Inggris dan Portugal. Sayang timnas Portugal kandas di final melawan Yunani.

5. Enrique Iglesias - Can You Hear Me (2008)

Dinyanyikan oleh Enrique Iglesias yang menulis lagu "Can You Hear Me" bersama Steve Morales dan Frankie Storm. Lagu ini diproduksi oleh Big Ben Diehl dan Carlos Paucar, direkam di Circle House Studio di Miami, Florida.

Piala Eropa 2008 dimainkan di Austria dan Swiss. Kendati demikian Can You Hear Me masih kalah popularitas ketimbang lagu resmi maskot turnamen Trix dan Flix

6. Oceana - Endless Summer (2012)

Lagu dengan genre dance-pop ini dinyanyikan oleh penyanyi Jerman Oceana Mahlmanndari album kedua My House. "Endless Summer" merupakan lagu resmi Piala Eropa 2012 yang dihelat di Polandia dan Ukraina.

Lagu tersebut menempati puncak di Polandia dan juga Republik Ceko serta nomor tiga di Ukraina. Dengan lantunan musik yang mudah didengar serta pemandangan pantai, Endless Summer jadi salah satu musik populer.

7. David Guetta ft Zara Larsson - This One's For You (2016)

Dibuat oleh DJ terkenal dari Prancis sekaligus produser musik David Guetta, dinyanyikan oleh penyanyi Swedia Zara Larsson dengan judul "This One's For You" dan bergenre EDM. Ini juga salah satu lagu yang populer.

Piala Eropa 2016 diadakan di Prancis dan Portugal menjadi juaranya dengan mengalahkan Prancis 1-0 di final.

Breaking News Piala eropa Piala Eropa 2020 Trivia Sepak Bola
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.168

Bagikan