BolaSkor.com - Barito Putera hampir sukses memenangkan laga secara mulus saat menghadapi Perseru Serui, Kamis (17/5) malam. Namun, kemenangan Barito 1-0 atas tim tuan rumah sedikit tercoreng, karena protes keras yang dilayangkan beberapa anggota tim.

Jacksen Ferreira Tiago terlihat uring-uringan saat mendapati anak asuhnya dibuat sasaran atas permainan keras Perseru. Beberapa kali pelanggaran terhadap Mathias Cordoba dan pemain lainnya, luput dari penglihatan wasit Totok Fitrianto.

Jacksen bahkan memiliki prasangka bahwa wasit asal Sulawesi Utara itu seperti sengaja merugikan timnya untuk menggagalkan keunggulan sejak menit ke-31 lewat cocoran datar Rizky Rizaldi Pora.

"Kalau (beberapa keputusan wasit) itu memang kesalahan dia, maka saya bisa memaklumi. Karena itu memang kemampuan mereka dan wajar," tegasnya.

"Tapi kalau memang sengaja, mengapa tidak bilang terus terang ke saya. Simpel saja, saya tinggal bilang ke kiper untuk membiarkan bola masuk ke gawang kami (agar Perseru bisa menyamakan kedudukan)," pelatih Barito Putera asal Brasil itu melanjutkan.

Teriakan Jacksen pun semakin kencang, ketika ada pelanggaran keras pada anak asuhnya di sepuluh menit akhir. Sontak, amarahnya merembet hingga ke ofisial Barito yang ikut memprotes sikap wasit yang tidak menjatuhkan kartu kuning pada pemain Perseru.

"Padahal, ini pertandingan di awal puasa dan mereka (perangkat wasit) pasti menjalaninya. Apa mereka tidak takut dosa, dengan membuat keputusan tidak adil seperti itu," gumamnya.

Beruntung, permainan keras Perseru tidak mampu memancing reaksi berlebihan pemain Barito. Hansamu Yama Pranata dkk. tetap tenang hingga mempertahankan keunggulan satu gol sampai peluit panjang. (Laporan Kontributor Kristian Joan/Malang)