Batshuayi Terinspirasi Film Black Panther untuk Melawan Rasialisme

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 23 Februari 2018
Batshuayi Terinspirasi Film Black Panther untuk Melawan Rasialisme
Michy Batshuayi jadi korban rasial saat melawan Atalanta (Emilio Andreoli - Getty Images)

BolaSkor.com - Rasialisme masih saja terjadi di sepak bola Eropa. Belum selesai kasus rasial yang diterima striker Nice asal Italia, Mario Balotelli, kala bertanding melawan Dijon di Ligue 1. Kini, giliran Michy Batshuayi yang menjadi korban pelecehan rasial.

Striker berdarah Kongo berpaspor Belgia itu menjadi korban rasial kala bermain di leg kedua 32 besar Liga Europa, melawan Atalanta di Stadio Citta del Tricolore. Pertandingan itu sendiri berakhir dengan skor 1-1, kala gol dari Marcel Schmelzer membalas gol Rafael Toloi. Dortmund lolos ke-16 besar dengan agregat gol 4-3.

Batshuayi mendengarkan chant menyerupai suara monyet dari fans Atalanta. Ia pun membalasnya selepas laga berakhir melalui akun Twitter @mbatshuayi (23/2). Dalam cuitannya itu, Batshuayi juga membalas fans dengan menjadikan film Black Panther sebagai inspirasi.

"2018 dan masih ada suara rasial monyet di tribun penonton, yang benar saya?! Semoga Anda bersenang-senang menyaksikan sisa laga Liga Europa di televisi, sementara kami melaju #KatakanTidakkepadaRasialisme #TontonBlackPanther," ucap pemain pinjaman Chelsea itu.

Bagi Atalanta, ini bukan kali pertama fans mereka berulah rasial kepada pemain tim lawan. Pada Januari lalu, mereka juga dihukum karena ada fans yang menjadikan bek Napoli, Kalidou Koulibaly, sebagai korban pelecehan rasial.

Pilihan Batshuayi untuk menyertakan film Black Panther pun sudah tepat. Pasalnya, dalam film itu, terlihat jelas simbol opresi atau perlawanan orang-orang hitam (dalam film itu sebagai orang Afrika) atas tindak rasial. Mereka yang menjadi kaum minoritas membuktikan bahwa mereka tidak kalah baik dibanding kaum mayoritas, dalam hal ini orang kulit putih.

Borussia Dortmund Michy Batshuayi Atalanta Liga Europa
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.171

Bagikan