BolaSkor.com - Basket dan hip hop menjadi hal yang tak bisa dilepas dari hidup Upi. Rapper yang akrab disapa Tuan 13 tersebut mungkin tak bisa mencapai titik ini bila tidak bertemu basket.

Tak banyak yang tahu bahwa cinta pertama Tuan 13 adalah basket. Upi mengenal olahraga tersebut sejak SMP.

Namun, cedera membuat Upi harus mengubur mimpi. Menjadi pebasket profesional bukan jalan hidup Upi.

Akan tetapi, bukan berarti Tuan 13 melupakan basket karena terjun rapper. Justru, ia merasa punya utang karena belum mengeluarkan lagu untuk olahraga yang dicintainya tersebut.

Utang itu akhirnya bisa dibayar Tuan 13 di 2022. Lewat lagu bertajuk Ready, Upi akhirnya merilis lagi bertema basket.

“Lagu tersebut ucapan terimakasih dari saya, karena basket sudah buka banyak pintu dan sahabat buat saya.

Dari mulai mentalitas kompetisinya, sportifnya, ternyata itu yang membentuk mental saya jadi lebih siap waktu terjun ke dunia musik,” ujar Tuan 13 kepada BolaSkor.com.

Dalam Ready, Tuan 13 menulis lirik ‘Tinggalkan legacy ku ingin seperti ali budi Tancap gas macam rem ku blong Pertahanan bolong, bola mu kucolong Fast break get it done Yoo ini theme song, sekuel dari nombok dong The king pass the throne Now you better sing along’

Makna dari lirik tersebut sederhana, Tuan 13 ingin mendedikasikan sesuatu untuk basket. Ia ingin ada lagu setelah Nombok Dong yang diciptakan Iwa K sebagai anthem basket Indonesia.

Tak hanya sekadar membayar utang, Upi melunasinya di depan muka lewat penampilan pada opening night IBL 2022 di Hall Basket Senayan, Jakarta, Sabtu (15/5). Lagu Ready berkumandang untuk pertama kalinya di hadapan penggemar basket Indonesia.

“Karena pandemi juga berdampak kepada basket, terhenti liganya, dan akhirnya tahun ini bisa berjalan kembali. Terciptalah lagu Ready, sebagai bentuk statement bahwa basket Indonesia sudah Ready untuk 2022,” ujar Tuan 13.