Bayern 5-0 Dortmund: Penampilan Bintang Lima Die Roten di Der Klassiker ke-100

Arief HadiArief Hadi - Minggu, 07 April 2019
Bayern 5-0 Dortmund: Penampilan Bintang Lima Die Roten di Der Klassiker ke-100
Robert Lewandowski cetak dua gol ke gawang Borussia Dortmund (@Bundesliga_EN)

BolaSkor.com - Der Klassiker ke-100 Bundesliga berakhir untuk kemenangan 5-0 Bayern Munchen atas Borussia Dortmund di Allianz Arena, Sabtu (6/4) malam WIB, dalam lanjutan pekan 28 Bundesliga. Bayern kini berada di peringkat satu dan terpaut satu poin dengan Dortmund di urutan dua klasemen.

Der Klassiker ke-100 dalam duel dua tim yang sedang bertarung merebutkan titel Bundesliga dimulai di Allianz Arena. Niko Kovac menerapkan taktik 4-2-3-1 dan mencadangkan James Rodriguez, Leon Goretzka, dan Franck Ribery.

Sementara Lucien Favre di kubu Borussia Dortmund turun dengan formasi 4-3-3. Marco Reus, Jadon Sancho, dan Jacob Bruun Larsen menjadi andalan di lini depan untuk coba menggedor pertahanan Bayern.

Dua peluang besar sudah diciptakan kedua tim di awal-awal pertandingan. Namun, tuan rumah terlebih dahulu unggul di menit 10 ketika Mats Hummels menanduk bola dari tendangan penjuru yang diambil Thiago Alcantara. Kedudukan berubah menjadi 1-0.

Baca Juga:

5 Duel Kunci Der Klassiker ke-100 Bundesliga

Prediksi Bayern Munchen Vs Borussia Dortmund: Laga Krusial untuk Gelar Juara

Lucas Hernandez dan 4 Pemecah Rekor Transfer Termahal Bundesliga

Selebrasi gol Bayern Munchen

Gol itu tampak meruntuhkan semangat bermain Dortmund. Bagaimana tidak, dengan 'dingin' Bayern menghancurkan Dortmund dengan tiga gol tambahan lainnya yang tercipta di paruh pertama ini. Selang tujuh menit dari gol pertama, Robert Lewandowski mencetak gol tambahan.

Striker asal Polandia merebut bola dari blunder yang dilakukan Dan-Axel Zagadou, bek Dortmund, lalu mengontrol bola dan melepaskan tendangan gunting dari jarak 25 meter. Roman Burki tidak dapat mencegahnya.

Keunggulan 2-0 Bayern itu memaksa Dortmund lebih agresif menyerang untuk mencetak gol. Tetapi permainan itu justru memancing Bayern untuk melakukan serangan balik dan menambah pundi-pundi gol mereka.

Benar saja, Bayern langsung unggul 4-0 di paruh pertama melalui dua gol tambahan yang dicetak Javi Martinez dan Serge Gnabry. Martinez mencetak gol dengan memanfaatkan bola rebound dari tepisan Burki, sementara Gnabry menyambar umpan silang Thomas Muller.

Robert Lewandowski

Bayern sudah bisa dikatakan meraih tiga poin saat laga masih menyisakan 45 menit babak kedua - babak pertama berakhir 4-0 untuk keunggulan Bayern.

Favre coba mengubah komposisi skuatnya dengan memainkan Julian Weigl dan Mario Gotze di babak kedua. Akan tapi, Bayern, yang sudah unggul 4-0, dengan bijak memainkan tempo bermain ketika menguasai bola dan bertahan baik kala lawan berusaha mencetak gol.

Kovac memasukkan Franck Ribery, Leon Goretzka, dan Renato Sanches di babak kedua menggantikan Martinez, Muller, dan Kingsley Coman. Bayern benar-benar bermain dalam kondisi terbaiknya di laga ini. Dortmund sama sekali tidak diberikan kesempatan membangun serangan.

Runtuhnya kepercayaan diri pemain-pemain Dortmund itu dimanfaatkan kembali oleh Bayern untuk mencetak gol kelima di menit 89. Lewandowski mencetak gol keduanya melawan mantan klub kala menyambar operan mendatar dari Gnabry. Bayern unggul 5-0 dan skor ini bertahan hingga akhir laga.

Susunan Pemain:

Bayern Munchen (4-2-3-1): Manuel Neuer (c); Joshua Kimmich, Niklas Sule, Mats Hummels, David Alaba; Javi Martinez (Leon Goretzka 77'), Thiago Alcantara; Serge Gnabry, Thomas Muller (Renato Sanches 80'), Kingsley Coman (Franck Ribery 68'); Robert Lewandowski

Pemain Cadangan: Renato Sanches, James Rodriguez, Leon Goretzka, Franck Ribery, Jerome Boateng, Rafinha, Sven Ulreich.

Pelatih: Niko Kovac

Borussia Dortmund (4-3-3): Roman Burki; Lukasz Piszczek (Marius Wolf 69'), Manuel Akanji, Dan-Axel Zagadou (Julian Weigl 46'), Abdou Diallo; Mahmoud Dahoud (Mario Gotze 62'), Axel Witsel, Thomas Delaney; Jadon Sancho, Marco Reus (c), Jacob Bruun Larsen.

Pemain Cadangan: Julian Weigl, Marwin Hitz, Mario Gotze, Marius Wolf, Maximilian Philipp, Marcel Schmelzer, Omer Toprak.

Pelatih: Lucien Favre

Breaking News Bundesliga Bundesliga Jerman Bayern FC Bayern Dortmund Borussia Dortmund Robert Lewandowski Serge Gnabry Javi Martinez Mats Hummels
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan