BolaSkor.com - Pelatih berusia 72 tahun, Jupp Henyckes, sudah membulatkan tekadnya untuk kembali ke masa pensiunnya setelah musim 2017/18 berakhir. Karena keputusannya itu, Bayern Munchen wajib mencari pelatih untuk menggantikannya.

Tak butuh waktu lama bagi mereka menemukannya. Nama-nama seperti Thomas Tuchel, Luis Enrique, hingga Julian Nagelsmann, muncul ke permukaan sebagai kandidat pengganti Heynckes. Namun, tidak ada di antara mereka yang akan menukangi Die Roten, melainkan mantan pemain klub pada medio 2001-2003, Niko Kovac.

"Kami (Bayern dan Kovac) menyepakati kontrak tiga tahun pada Kamis lalu. Kami sangat bahagia dapat mengamankan Niko Kovac sebagai pelatih baru Bayern. Niko pernah menjadi pemain Bayern, di mengenal baik karakter, struktur, dan DNA klub dengan sangat baik," tutur Direktur Olahraga Bayern, Hasan Salihadmidzic, diberitakan Goal, Jumat (13/4).

"Kami yakin dia pelatih yang tepat untuk masa depan FC Bayern," sambungnya singkat.

Baru berusia 46 tahun, Kovac memang menjanjikan masa depan cerah jika bisa mampu mengangkat atau setidaknya, menjaga performa Bayern dari yang mereka tampilkan musim ini. Saat ini, Franck Ribery cs berpeluang meraih treble usai menjuarai Bundesliga, seiring partisipasi mereka di Liga Champions dan DFB-Pokal.

Di Bayern musim depan, Kovac akan bekerja sama dengan saudaranya, Robert Kovac, dalam staf kepelatihan. Kerja sama keduanya sudah diperlihatkan keduanya dalam dua tahun terakhir ini di Eintracht Frankfurt. Hasilnya pun sangat bagus.

Frankfurt selamat dari degradasi musim lalu dan finish di urutan 11 Bundesliga. Musim ini lebih bagus lagi. Frankfurt ada di urutan lima Bundesliga dan hanya terpaut dua poin dari Bayer Leverkusen di urutan empat, atau zona Liga Champions. Momen Kovac melatih Frankfurt merupakan masa terbaiknya dalam karier kepelatihan.

Pasalnya, Kovac yang pernah melatih akademi dan menjadi asisten pelatih di Red Bull Salzburg, tidak memiliki pencapaian yang bagus saat melatih Timnas Kroasia U21 dan senior. Baru bersama Frankfurt, klub pertama yang dilatihnya, Kovac menjelma menjadi pelatih yang memiliki prospek cerah.