BolaSkor.com - 4 Mei 1999 mungkin menjadi hari paling menyedihkan untuk Becky Hammon. Bagaimana tidak, Becky tidak terpihih pada WNBA Draft musim perdananya setelah keluar dari kampus.

Beruntung, delapan hari berselang Becky mendapat kontrak. Adalah New York Liberty yang mengontraknya untuk menjadi pelapis Teresa Weatherspoon di posisi point guard.

Ketekunan Becky membuatnya perlahan mulai mendapat kepercayaan. Memasuki tahun kelimanya di Liberty, dia mulai menjadi wakil kapten dan merebut tempat Teresa.

Sayangnya pada 2007 Becky ditrade ke San Antonio Stars. Ketika kariernya dirasa bakal meredup, wanita asal Dakota itu justru menunjukkan kemampuannya.

Baca Juga:

Hasil NBA: James Harden Pimpin Rockets Raih Kemenangan Perdana

Dikalahkan LA Lakers, San Antonio Spurs Malah Catat Sejarah

Becky Hammon

Menariknya, karier Becky juga sering dihabiskan di luar negeri ketika WNBA tidak bertanding. Puncaknya dia gantung sepatu bersama Stars pada 2014.

Bagi pemain yang berstatus undrafted, karier Becky lumayan apik. Dia enam kali masuk WNBA All Star serta masing-masing dua kali terpilih All WNBA First dan Second Team.

Di level timnas sendiri Becky tidak pernah terpilih sebagai anggota senior. Hasilnya, dia dinaturalisasi dan membela Rusia pada Olimpiade 2008.

Saat itu dia memang tengah berkarier bersama CSKA Moscow ketika WNBA sedang libur. Kontribusinya membantu Rusia meraih medali perunggu ajang tersebut.

Menariknya, jersey Becky juga dipensiunkan oleh Stars. Tidak boleh ada pemain yang mengenakan nomor punggung 25 setelah Becky pensiun pada 2014.

Tidak butuh waktu lama baginya untuk alih profesi setelah pensiun. Bahkan, sejatinya Becky sudah mempersiapkan diri sebagai pelatih sejak satu tahun sebelum gantung sepatu.

Semasa pemulihan dia mendatangi latihan San Antonio Spurs, mengikuti rapat pelatih dan pertandingan. Pelatih Spurs, Gregg Popovich, bahkan sampai meminta pendapatnya.

"Saya ingin Becky masuk ke staff kami. Saya melihatnya bekerja dan yakin dengan IQ basket, etos kerja, dan skillnya. Saya yakin dia bisa berguna," kata Popovich saat itu.