BolaSkor.com - Piala Sudirman akan digelar di Guangxi Sports Centre, Nanning, China pada 19 Mei-26 Mei 2019. Indonesia tergabung di Grup 1B yang berisikan dua negara Eropa: Denmark dan Inggris.

Pada Piala Sudirman kali ini, Denmark mengkombinasikan pemain senior dan junior. Mathias Boe, 38 tahun, jadi yang tertua. Lalu Alexandra Boje, 19 tahun, berstatus pemain termuda.

Baca Juga:

Fakta Membanggakan, Sekaligus Ironis dari Nama Piala Sudirman

Greysia Polii Siap Pikul Tanggung Jawab Terbesar

Di atas kertas, kekuatan Denmark di masih ada di bawah Indonesia. Namun tim ini sama sekali tidak boleh dianggap remeh. Karena sektor tunggal putra, tim ini diperkuat posisi enam dunia, Viktor Axelsen.

Kemudian untuk ganda putra ada nama peringkat enam dunia: Anders Skaarup Rasmussen/Kim Astrup. Jika melihat komposisi pemain Denmark, Indonesia punya peluang mencuri poin dari sektor ganda putra, ganda putri dan ganda campuran.

Di sektor ganda putra, Indonesia memiliki catatan baik ketika bertemu Astrup/Rasmussen. Adalah Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Head to head Minions-julukan bagi Marcus/Kevin unggul 7-1 atas Astrup/Rasmussen.

Sedangkan The Daddies-julukan Ahsan/Hendra unggul 5-0 atas pemain Denmark tersebut. Pada sektor ganda putri, Denmark akan mengandalkan Maiken Frergaard/Sara Thygesen yang menduduki peringkat 19.

Indonesia sendiri hanya membawa Greysia Poli/Apriyani Rahayu pada sektor ganda putri di Piala Sudirman. Adapun Ni Ketut Mahadewi bakal dikombinasikan dengan Greysia atau Apriyani.

Secara head to head, Greysia/Apriyani unggul 3-0 atas Fruergaard/Thygesen. Untuk sektor ganda campuran, Indonesia memiliki peluang besar setelah Christinna Padderson pasangan Mathias Christiansen tidak ikut serta.

Kali ini Denmark membawa pasangan Niclas Nohr/Sara Thygesen. Dari tiga pasang ganda campuran yang dibawa hanya Praven/Melati yang pernah bertemu Nohr/Thygesen. Secara head to head memang Praveen/Melati kalah 0-1 dari Nohr/Thygesen tetapi itu karena pertama kalinya mereka dipasangkan pada German Open 2018.

Sementara, pada tunggal putra Indonesia masih mempunyai kans besar mengingat Jontahan Christie dan Anthony Ginting sudah mampu mengalahkan Victor Axelsen. Denmark membawa dua pemain tunggal putra andalannya Victor Axelsen dan Anders Antonsen. Secara head to head dengan kedua pemain, Ginting memiliki rekor lebih bagus ketimbang Jonathan Christie.* (MA01-ARINA)

16 Pemain Denmark di Piala Sudirman 2019
1. Anders Antonsen
2. Kim Astrup
3. Viktor Axelsen
4. Mia Blichfeldt
5. Mathias Boe
6. Alexandra Boje
7. Mathias Christiansen
8. Maiken Fuergaard
9. Line Kjaersfeldt
10. Niclas Nohr
11. Anders Skaarup Rasmussen
12. Rikke Soby
13. Sara Thygesen
14. Julie Dawall Jakobsen
15. Mads Conrad-Petersen
16. Rasmus Gemke