BolaSkor.com - Bek asal Kongo, Marcel Kalonda, semakin mungkin membela Timnas Malaysia. Ia kemungkinan diberi status pemain keturunan agar bisa membantu Harimau Malaya.

Terlebih setelah dirinya menarik hati pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe. Berdasarkan pengamatan terhadap laga bersama Zesco United dalam Liga Champions Afrika, Marcel Kalonda diyakini bisa memperkuat benteng pertahanan Timnas Malaysia.

Menurut Tan Cheng Hoe, Marcel Kalonda berpotensi menjadi aset, terlebih masih berusia muda. "Saya sudah melihatnya bermain di Liga Champions Afrika di mana ia punya potensi dan fisik yang bagus," kata Tan Cheng Hoe dikutip dari myMetro.

Baca Juga:

Jadwal Laga Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia Kemungkinan Menemui Titik Terang pada 3 Juni

FAM Tak Ingin seperti Vietnam jika Liga Malaysia Diizinkan Jalan oleh Pemerintah

"Ia merupakan salah satu opsi buat tim, karena kita ketahui kekurangan pemain bertahan yang punya kaliber dan potensi. Dengan umurnya yang baru 22 tahun, saya juga melihat suatu yang baik untuk masa depan dan pengembangan tim kami," sambung sang pelatih.

Sebelumnya dikabarkan bahwa Marcel Kalonda telah menyerahkan dokumen mengenai latar belakangnya. Ini diperlukan Komite Program Naturalisasi Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) untuk memberikan status pemain keturunan.

Marcel Kalonda dijelaskan punya ikatan dengan Malaysia, karena kakeknya lahir di Sabah.

Adapun nama lain yang sebelumnya disebut-sebut juga berdarah Malaysia dan saat ini berada di Swedia, Harry Edge, memutuskan untuk tetap dan melanjutkan karier di Eropa.

"Saya menghormati setiap keputusan individu seperti Harry Edge. Ia tidak ingin mewakili Malaysia dalam waktu dekat, jadi harus menghormati keputusannya," katanya.

"Tetapi pada saat yang sama, Kalonda telah menyatakan minat dan menyerahkan dokumen untuk disetujui sebagai pemain keturunan. Bagi saya itu adalah pertanda baik bahwa ia tertarik, bersemangat, dan ingin bermain untuk tim nasional. Saya berharap semua rencana dan niatnya menjadi kenyataan," jelas Tan Cheng Hoe.