BolaSkor.com - Bek Bali United, Leonard Tupamahu, mengomentari padatnya jadwal lanjutan Liga 1 2020. Menurutnya, kompetisi tahun ini terkesan dipaksakan untuk bergulir dua putaran.

Jadwal musim ini seperti mengulang yang terjadi musim lalu. Setiap klub bertanding enam hingga tujuh kali dalam sebulan. Dengan waktu recovery terbatas, para pemain bisa kelelahan.

Sebenarnya, sempat ada usulan agar kompetisi digelar satu putaran. Bisa juga meniru konsep Liga 2, di mana 24 kontestan dipecah dalam empat grup, dilanjutkan babak 8 besar. Namun, pada akhirnya sistem kompetisi penuh menjadi pilihan.

Jelas bukan pekerjaan mudah bagi setiap tim untuk melalui jadwal ini, terlebih dalam situasi pandemi virus corona. Leonard berpandangan Liga 1 terkesan dipaksakan.

Baca Juga:

Markas Bali United Tetap Indah saat Liga 1 Terhenti

Terkait Jadwal Liga 1 2020, Saimima Lihat Keuntungan Bali United Bermarkas di DIY

"Kalau saya lihat memang tahun ini terkesan memaksakan Liga berjalan dua putaran. Akibatnya jadwal sangat padat dan risiko kelelahan pemain. Apalagi katanya kita harus jalan darat tiap away," ucap Leonard Tupamahu.

Bali United membuat pilihan tepat dengan bermarkas di Yogyakarta. Berada di tengah Pulau Jawa, Bali United bisa menjangkau setiap wilayah lebih cepat.

Masih ada waktu untuk mempersiapkan diri. Leonard memastikan skuat Serdadu Tridatu tak masalah ketika tim memprioritaskan game internal, tanpa melakukan uji coba.

"Sekarang kita fokus penuh ke Liga 1. Kita fokus pertandingan pertama lawan TIRA-Persikabo," tutur Leonard.

Bali United akan menghadapi TIRA-Persikabo pada 4 Oktober 2020 di Stadion Sultan Agung Bantul. Total pada bulan Oktober, Bali United akan bertanding enam kali, dengan rincian lima kali di Yogyakarta dan sekali di Bandung. (Laporan Kontributor Putra Wijaya/Bali)