BolaSkor.com - Bek Bali United, Leonard Tupamahu menunjukkan konsistensi dalam berkarier meski sudah berusia 36 tahun. Memboyong keluarga setiap pindah klub menjadi faktor utama Leonard bisa konsentrasi penuh meraih prestasi.

Leonard Tupamahu selalu ditemani keluarga saat memperkuat klub yang dibelanya. Termasuk dari musim 2019 menjadi bagian Bali United, Leonard memboyong istri dan buah hatinya tinggal di Pulau Dewata.

"Keluarga buat saya menjadi yang utama. Faktor juga yang membuat konsistensi untu karier saya. Waktu main di Barito Putera dan Borneo FC, saya juga bawa keluarga. Jujur kalau saya tidak ajak keluarga, saya tidak bisa tidur. Pikiran kemana-mana. Kalau ada keluarga saya jadi lebih tenang," terang Leonard, Sabtu (23/5).

Baca Juga:

Bambang Pamungkas Ceritakan Alasan Dua Kali Kepindahannya dari Persija Jakarta

Kisah Ramadan Gelandang Persib Abdul Aziz

Leonard Tupamahu terbukti meraih prestasi dengan maksimal. Sebagai seorang bek tengah, Leonard bisa bersaing dengan para pemain yang lebih muda. Bahkan saat di Borneo FC, Leonard berperan sebagai seorang bek kanan.

Leonard mengaku tak punya rencana pensiun dalam waktu dekat. Leonard termotivasi ketika melihat pemain-pemain, seperti Cristian Gonzales masih berkarier saat sudah 43 tahun.

"Mungkin jika Tuhan mengizinkan, saya bermain sampai usia 50 tahun, tapi target pribadi saya sampai usia 40 tahun. Jika masih diberikan kesehatan dan kekuatan, saya jalani karena ingin coba dan tahu," tutur Leonard.

Leonard pun kini sudah mengantongi lisensi kepelatihan C AFC. Lisensi ini menjadi bekal setelah pensiun. Leonard ingin meneruskan karier sebagai pelatih. (Laporan Kontributor Putra Wijaya/Bali)