BolaSkor.com - Pemain asing Asia Persib Bandung, Daisuke Sato tak masuk dalam skuat timnas Filipina di Piala AFF 2022. Terbukti, pemain yang beroperasi sebagai bek kiri ini masih bergabung dengan Maung Bandung.

Bahkan dari daftar nama-nama pemain yang dipanggil untuk mengikuti training center (TC) bersama timnas Filipina pada pekan depan, tidak ada nama Daisuke Sato.

Daisuke Sato membenarkan hal itu. Namun, ia mengaku sudah berkomunikasi dengan federasi sepakbola Filipina (PFF) terkait nasibnya di Piala AFF 2022.

"Ya, kami berkomunikasi, tapi mereka sudah menggelar agenda pemusatan latihan untuk pemain yang ada di dalam negeri, pemain yang ada di Filipina. Mereka menyusun daftarnya kemarin dan mereka berbicara pada saya untuk lebih fokus pada pemain lokal yang bermain di Liga Filipina. Karena mereka butuh waktu persiapan lebih lama," ungkap Daisuke Sato.

Baca Juga:

Jadwal Lanjutan Liga 1 Dipastikan Padat, Bek Kiri Persib: Berat

David Rumakiek Kembali Gabung Persib Usai Operasi ACL

Bek bernomor punggung 66 di Persib ini memastikan kondisi terkadang sulit bagi Filipina. Sebab banyak pemain yang bermain di luar negeri, seperti bermain di Liga Thailand atau Liga Indonesia.

"Jadi, kami biasanya persiapan jelang turnamen itu hanya 2-3 hari. Jadi mereka sekarang mulai mencoba suatu hal yang baru dan kita lihat nanti apa yang akan terjadi,"

"Tapi jika mereka mereka berkomunikasi dengan saya setelah ini dan memanggil saya sebelum Piala AFF, kita lihat nanti apakah saya bisa atau tidak," tegasnya.

Daisuke Sato pun memastikan skuat timnas Filipina saat ini belum sepenuhnya akan diturunkan di Piala AFF 2022. Beberapa pemain yang bermain di luar negeri, masih mendapatkan peluang untuk bisa gabung.

"Mereka (PFF) mengatakan ini bukan tim yang fix dan mungkin saja memanggil pemain dari luar negeri. Jadi kita lihat nanti bagaimana yang terjadi,"

"Tapi tentunya saya juga berharap Liga di sini dimulai pada Desember, jadi fokus saya untuk saat ini untuk Liga bersama Persib karena saya mempunyai kontrak di sini,"

"Tapi saya juga tak pernah berkata tidak kepada negara saya, karena saya sudah mempunyai 60 caps bersama timnas, saya berada di sana sejak berusia 18 tahun dan kita lihat nanti," pungkasnya.

Filipina sendiri berada di Grup A bersama juara bertahan Thailand, Indonesia, Kamboja, dan Brunei Darussalam. Pertandingan akan digelar 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)