BolaSkor.com - Pernah ada idiom yang melegenda di Premier League, yakni dengan pertahanan terbaik maka tim dapat memenangi liga. Itu tak selalu benar tetapi sebagian besar menjamin kesuksesan.

Faktanya demikian dalam dua musim terakhir di Premier League. Liverpool dan Manchester City menjadi juara setelah klub mengeluarkan banyak uang untuk membeli bek tengah di bursa transfer pemain.

Liverpool, Man City, dan Manchester United dalam tiga musim terakhir menggelontorkan uang untuk membeli bek tengah atau memperkuat pertahanan. Kebijakan transfer itu memberikan keuntungan untuk mereka.

Baca Juga:

Nihil Gelar Lagi, Ole Gunnar Solskjaer?

Contoh Piala Eropa 2020, Premier League Ingin Ubah Aturan VAR

5 Fakta Menarik dari Albert Sambi Lokonga, 'Vieira Baru' Arsenal

Bek-bek memang tak dapat menentukan hasil pertandingan dengan gol atau umpan yang 'membelah' pertahanan lawan, tetapi pertahanan kuat yang tak mudah ditembus lawan dapat jadi kunci keberhasilan memenangi titel liga.

Faktanya delapan dari 10 transfer termahal dunia pada posisi bek dalam sejarah dilakukan oleh tim-tim Premier League.

Dari Rio Ferdinand ke Man City arahan Pep Guardiola

Rio Ferdinand dan Sir Alex Ferguson

Pada musim 2002 Man United memecahkan rekor transfer kala merekrut Rio Ferdinand dari Leeds United. Dengan mahar 29,3 juta poundsterling (rekor kala itu), Ferdinand memberikan loyalitas dan kualitas selama 12 tahun membela United.

Enam titel Premier League dan satu Liga Champions diraihnya dengan United besutan Sir Alex Ferguson. Pun demikian Man City di era Pep Guardiola yang sudah menghabiskan 400 juta euro untuk memperkuat lini belakang.

235,6 juta euro dihabiskannya untuk merekrut bek-bek tengah ke Man City. Teranyar adalah Ruben Dias yang diboyong dari Benfica pada 2020 sebesar 68 juta euro. Dias langsung jadi pemain kunci di pertahanan dan memberikan titel Premier League untuk City.

Pola Berlanjut

Virgil van Dijk

Sebelum City merekrut Dias ada Liverpool yang memboyong Virgil van Dijk. Transfernya sempat disorot dari Southampton, tetapi Liverpool membuktikan tepat merekrutnya karena Van Dijk membantu The Reds juara Liga Champions dan mengakhiri penantian 30 tahun titel liga.

Seakan mengikuti jejak Liverpool, Man United mengeluarkan banyak uang untuk membeli Harry Maguire dari Leicester City. Red Devils arahan Ole Gunnar Solskjaer belum jadi juara, tetapi peran Maguire di pertahanan United serta timnas Inggris tak tergantikan.

Pola merekrut bek dengan harga tinggi itu berlanjut. Menilik dari Marca, Arsenal mengamankan servis Ben White dari Brighton & Hove Albion sebesar 55 juta euro dan ini jadi rekrutan bek termahal sejauh ini di bursa transfer musim panas 2021 di Premier League.

Menarik untuk dinanti bagaimana Arsenal arahan Mikel Arteta tampil di Premier League 2021-2022, khususnya dengan kontribusi White yang juga bek timnas Inggris untuk The Gunners yang terakhir memenangi titel liga pada 2004.