BolaSkor.com - Fullback Persib Bandung, Zalnando akui beberapa momen di Bulan Ramadan tahun ini menghilang. Alasannya hanya karena pandemi virus Corona (COVID-19).

Pemain yang akrab disapa Nando ini mengaku tak bisa melangsungkan kegiatan halal bihalal. Tradisi ini merupakan ajang silaturahmi untuk bermaaf-maafan serta berbagi cerita kepada para saudara saat Hari Raya Idul Fitri.

"Sekarang ya nggak ada. Paling untuk keluarga di rumah saja. Karena lebih jaga jarak juga sih," kata Nando.

Baca Juga:

Batal Lebaran di Bandung, Gelandang Bali United Muhammad Taufiq Ambil Hikmah

Pelatih Persib Robert Rene Alberts Buat Kebijakan di Lebaran

Padahal setiap perayaan Idul Fitri, pemain asal Kota Cimahi ini serta keluarga membuka pintu selebar-lebarnya untuk para tetangga termasuk saudara untuk berkumpul bersama. Bahkan makan bersama.

"Biasanya open house. Seperti para tetangga pada dateng setelah shalat Ied. Sekarang paling buat di rumah saja, masak juga buat di rumah saja paling," tuturnya.

Terkait mengenai mudik, Zalnando mengaku tak pernah melakukannya. Sebab setiap lebaran, saudaranya lah yang mendatangi kediamannya.

"Paling ke rumah saudara di Meleber (Kota Cimahi). Tapi rada ngeri sih mau silaturahmi ke rumah saudara. Jadinya di rumah saja," katanya.

Karena itu, Zalnando merasa kurang bersosialisasi. Meski berkomunikasi melalui gawai, namun hal itu dirasa kurang maksimal.

"Kalau soal makanan, biasanya lontong sayur, rendang. Kebetulan kan kalau rendang, saya ada usaha. Yang bikin, ibu saya," bebernya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)