BolaSkor.com - CIES Football Observatory merilis daftar unik pada pembukaan 2019. Mereka mengumumkan pemain yang menjadi pembawa keberuntungan untuk timnya sepanjang 2018.

Pemilihan seorang pemain di 11 awal bisa memengaruhi jalannya pertandingan. Terkadang, kesalahan memainkan pesepak bola bisa dibayar mahal oleh klub.

Oleh sebab itu, terdapat sejumlah pemain yang dianggap membawa keberuntungan untuk klubnya masing-masing. Kehadiran mereka dianggap menuai poin cukup banyak.

Baca Juga:

Kaleidoskop Sepak Bola Internasional Mei-Agustus 2018

Boxing Day: Nazi dan Aib Terbesar Sepak Bola Prancis

Diogo Jota

Dalam daftar yang dirilis oleh CIES, kriteria tersebut diambil dari poin yang diraih tim apabila seorang pemain tampil atau absen. Selisih poin itu menjadi landasan penilaian.

Secara mengejutkan, bek asal Prancis, Christophe Jallet, menjadi pembawa keberuntungan nomor satu di Eropa sepanjang 2018. Pemain yang membela OGC Nice memiliki penilaian tertinggi.

Ketika Christophe Jallet bermain, OGC Nice selalu meraih tiga poin. Sementara itu, rataan poin Nice saat Jallet absen adalah 0,44.

Artinya, terdapat selisih 2,56 poin untuk OGC Nice ketika Christophe Jallet tampil atau tidak. Jumlah tersebut membuat Jallet sebagai pembawa keberuntungan di Eropa.

Urutan kedua ditempati oleh penggawa Wolverhampton, Diogo Jota. Terdapat selisih 1,93 poin yang diraih The Wolves ketika Jota tampil atau tidak.

Berikut ini adalah 10 pemain paling membawa keberuntungan di lima liga top Eropa:

  1. Christophe Jallet (OGC Nice), selisih 2,56 poin
  2. Diogo Jota (Wolverhampton), selisih 1,93 poin
  3. Ruben Rochina (Levante), selisih 1,80 poin
  4. Andrei Girotto (Nantes), selisih 1,73 poin
  5. Maxime Lopez (Marseille), selisih 1,67 poin
  6. Mikel Vesga (Leganes), selisih 1,60 poin
  7. Andreas Beck (Stuttgart), selisih 1,57 poin
  8. Pedro (Chelsea), selisih 1,56 poin
  9. Goran Pandev (Genoa), selisih 1,56 poin
  10. Nicolas Spolli (Genoa), selisih 1,56 poin