BolaSkor.com - Tanpa diperkuat Lionel Messi, Barcelona masih mampu meraih kemenangan mudah saat melawan Malaga di Stadion La Rosaleda, Minggu (11/3) dini hari WB. Barcelona pun sukses memperpanjang rekor tak terkalahkan mereka.

Kemenangan 2-0 atas Malaga membuat Barcelona kini mencatat 35 laga tanpa kekalahan. Ini merupakan rekor terpanjang dalam sejarah Blaugrana. Namun, kini mereka membidik memecahkan rekor tak terkalahkan sepanjang masa di La Liga.

Rekor tersebut masih menjadi milik Real Sociedad yang dibuat antara musim 1978/79 hingga 1979/80 dengan 38 laga tak terkalahkan.

Untuk bisa menyamai rekor tersebut, Barca tentu saja tak boleh kalah dalam tiga laga berikut di La Liga, melawan Athletic Bilbao dan Leganes di Camp Nou serta Sevilla di Ramon Sanchez Pizjuan.

Jika ketiga laga tersebut tak kalah, Barca akan memecahkan rekor kalau mereka terhindar dari kekalahan saat menghadapi Valencia di Camp Nou.


Rekor Valverde

Sementara itu sang pelatih, Ernesto Valverde juga berpeluang mebgkir sejarah. Saat ini dia sudah membawa timnya tak terkalahkan dalam 28 laga di La Liga sejak bertugas musim ini.

Rekor tak terkalahkan Barcelona dalam satu musim saat ini masih dipegang Pep Guardiola dengan 31 laga yang dicatat dari pekan ketiga hingga ke-34 musim 2010/11. Sedangkan rekor tak terkalahkan dalam satu musim di La Liga masih menjadi milik Real Sociedad dengan 32 laga.


Tak Terkalahkan dalam Semusim

Kompetisi La Liga memang masih menyisakan sepuluh laga lagi. Namun, Barcelona tenu berharap bisa menjaga performa hingga bisa mengahiri musim tanpa mengecap kekalahan.

Di La Liga, tercatat ada dua klub yang pernah menjalani satu musim tanpa terkalahkan. Yaitu Athletic Bilabo pada 1929/30 dan Real Madrid pada musim 1931/32. Namun kala itu masing-masing klub di La Liga hanya menjalani 18 laga dalam satu musim.

Di era La Liga dengan 18 peserta (34 laga), belum ada klub yang mampu mengakhiri musim tak terkalahkan. Yang paling dekat adalah saat Real Sociedad yang tak terkalahkan dalam 32 laga pada 1979/80. Uniknya meski tak terkalahkan dalam 32 laga, Sociedad gagal menjadi juara saat itu.

Sejak La Liga diikuti 20 klub (38 laga) pada 1987, ada dua klub yang nyaris berhasil. Pada 1988/89 Real Madrid gagal setelah kalah pada pekan ke-29. Catatan tersebut disamai Barcelona di era Pep Guardiola pada musim 2009/10.