BolaSkor.com - Arsenal mengubah kritikan menjadi pujian hanya melalui penampilan heroik di satu hari, hari penting di leg pertama 16 besar Liga Europa melawan AC Milan di San Siro. The Gunners meraih kemenangan 2-0 di markas Rossoneri melalui gol Henrikh Mkhitaryan dan Aaron Ramsey.

Kemenangan itu mengakhiri tren minor empat kekalahan beruntun di seluruh kompetisi. Untuk sesaat, Arsenal mampu menjawab kritikan publik dan pengamat sepak bola dengan cara yang berkelas, melalui kemenangan yang meyakinkan, melawan Milan yang sebelumnya tidak pernah kalah sepanjang tahun 2018.

Arsenal bermain kompak dan kolektif ketika menyerang ataupun bertahan. Mereka sama sekali tidak memberikan celah untuk pemain Milan berkreasi membangun serangan. Para pemain Arsenal seakan menunjukkan, jikalau mereka masih mendukung Arsene Wenger 100 persen untuk terus menukangi tim yang sudah diasuhnya sejak tahun 1996 itu.

Laurent Koscielny cs juga menjawab analogi Wenger yang menyamakan krisis timnya, seperti halnya orang yang telanjang dan harus mengenakan pakaian lagi. Legenda Arsenal, Martin Keown, melanjutkan perumpamaan Wenger itu. Ia melihat Arsenal laiknya petarung jalanan saat melawan pasukan Gennaro Gattuso.

"Saya tergoda untuk berkata dia (Wenger) telah mengenakan 'celananya' lagi. Mereka mengatasi pertandingan dengan baik di babak kedua dan AC Milan bermain buru, mereka tidak memberikan apapun dan Gattuso akan kecewa. Arsenal bermain dengan gairah dan kepercayaan diri kembali ke tim," tutur Keown, dilansir dari Goal, Jumat (9/3).

"Mereka menjawab keraguan karena sebelumnya, mereka berada di dalam lubang. Semuanya membicarakan jika dan kapan, Arsene Wenger akan meninggalkan pekerjaannya dan ini merupakan langkah pertamanya untuk kembali. Mereka kompetitif: lebih seperti petarung jalanan. Ini seperti orang-orang yang sudah berhasil melewati mereka, tapi tidak untuk malam ini (saat melawan Milan)," tuturnya.

Tapi, Keown juga tidak mau terlalu jauh memuji Arsenal, karena mereka masih harus membuktikan konsistensi bermain di laga-laga berikutnya. Termasuk, melawan Watford akhir pekan ini di pekan 30 Premier League.

"Tapi, kita semua tak boleh terlalu yakin tentang apa yang dilihat berikutnya. Kami butuh konsistensi dari Arsenal. Namun, malam ini benar-benar bagus untuk Wenger dan dia bisa menikmati perjalanan pulang," pungkas Keown yang bermain untuk Arsenal selama dua periode, dari tahun 1984-1986 dan 1993-2004.