Bela Etnis Uighur, Griezmann Putus Ikatan Sponsor dengan Perusahaan China

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Jumat, 11 Desember 2020
Bela Etnis Uighur, Griezmann Putus Ikatan Sponsor dengan Perusahaan China
Antoine Griezmann (Twitter)

BolaSkor.com - Penyerang Barcelona, Antoine Griezmann mengambil keputusan mengakhiri ikatan sponsor pribadi dengan perusahaan telekomunikasi asal China, Huawei. Kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) yang menimpa kaum Uighur di Negeri Tirai Bambu menjadi latar belakang keputusannya.

Etnis Uighur merupakan penduduk China beragama Islam yang mayoritas tinggal di daerah Xinjiang. Pemerintah negara tersebut kabarnya melakukan penindasan kepada mereka.

Tuduhan terkait pelanggaran HAM yang menimpa etnis Uighur telah menjadi perhatian dunia. Meskipun pemerintah China masih membantahnya hingga saat ini.

Baca Juga:

Barcelona Dibantai Juventus, Antoine Griezmann: Pemain Pantas Disalahkan

Jadi Cadangan, Antoine Griezmann Tidak Sedang Dihukum Barcelona

Messi dan Griezmann Bermain seperti Pembuat Kue di Barcelona

Antoine Griezmann saat menjadi model promosi Huawei

Huawei dikabarkan terlibat langsung membantu pemerintah China untuk menindas etnis Uighur. Hal inilah yang membuat Griezmann mengakhiri ikatan kerja sama.

"Menyusul kecurigaan kuat bahwa perusahaan Huawei telah berkontribusi pada pengembangan teknologi 'Peringatan Uighur' lewat perangkat lunak pengenalan wajah, saya mengumumkan penghentian kemitraan saya dengan perusahaan tersebut," tulis Griezmann lewat akun Instagram pribadinya.

"Saya mengambil kesempatan ini untuk mengundang Huawei untuk tidak hanya menolak tuduhan tersebut, tetapi mengimplementasi aksi secepat mungkin demi mengutuk persekusi massal serta menggunakan pengaruhnya untuk menghormati hak-hak pria dan wanita di masyarakat."

Ikatan kerja sama Griezmann dan Huawei dimulai pada tahun 2018 silam. Bersama Puma, perusahaan tersebut setia mengiringi perjalanan kariernya.

Tak butuh waktu lama, pihak Huawei membantah tuduhan Griezmann. Mereka menyayangkan keputusan kliennya untuk mengakhiri kerja sama.

"Huawei jelas sedih dengan keputusan Tuan Griezmann untuk mengakhiri hubungannya dengan perusahaan kami. Kami ingin menyampaikan undangan untuk berbicara dengannya secara pribadi, untuk menjelaskan pekerjaan yang saat ini sedang dilakukan untuk menangani masalah hak asasi manusia, kesetaraan, dan diskriminasi di semua tingkatan," bunyi pernyataan Huawei.

Griezmann bukan pesepak bola pertama yang bersuara terkait isu Uighur ini. Mesut Ozil lebih dulu mengecam pemerintah China.

Ironisnya, karier Ozil berangsur hancur tak lama setelah bersuara. Pencoretan yang dilakukan Arsenal terhadap dirinya diyakini berkaitan dengan sikapnya terhadap isu Uighur.

Menarik bagaimana karier Griezmann usai bersuara terkait isu Uighur. Apalagi Barcelona punya basis suporter yang cukup besar di China.

Antoine Griezmann Barcelona Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan