Belajar dari Pengalaman, Robben Bidik Titel Liga Champions Kedua dengan Bayern

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 19 September 2018
Belajar dari Pengalaman, Robben Bidik Titel Liga Champions Kedua dengan Bayern
Arjen Robben (Zimbio)

BolaSkor.com – Arjen Robben, satu dari banyaknya pemain sarat pengalaman dan senior yang masih aktif bermain di Liga Champions. Pada Januari mendatang usianya sudah berumur 35 tahun. Liga Champions musim ini bisa jadi yang terakhir baginya.

Sepanjang kariernya, penyerang sayap asal Belanda berkaki kidal baru meraih titel Liga Champions di musim 2012-13. Robben mencetak gol penentu kemenangan saat melawan Borussia Dortmund di final, setelah semusim sebelumnya gagal mencetak gol dari titik putih dan mengalahkan Chelsea – fans menangis karenanya.

Selama lima musim terakhir Bayern Munchen empat kali mencapai semifinal, namun perjalanan Raksasa Bavaria selalu kandas. Musim lalu, mereka disingkirkan oleh Real Madrid yang pada akhirnya menjadi juara untuk ketiga kali beruntun. Pengalaman itu diharapkan Robben jadi pembelajaran yang baik bagi Bayern.

“Anda selalu harus belajar dari hal-hal yang salah di masa lalu. Anda harus menganalisa tempat di mana Anda bisa berkembang. Laga-laga di tahapan gugur Liga Champions ditentukan dengan detail-detail kecil,” ucap Robben kepada Goal.

“Terkadang Anda harus mengarahkan jari tangan kepada Anda sendiri (instropeksi diri), namun terkadang hal-hal terjadi di luar kuasa Anda. Tetapi Anda selalu belajar dari hal-hal yang sudah terjadi dan menerimanya,” sambung mantan pemain Chelsea dan Madrid tersebut.

Robben paham bahwa waktunya memang tidak panjang lagi untuk terus menekuni karier sebagai pesepakbola profesional. Ia bermimpi memenangi titel Liga Champions kedua dan ingin melewati satu laga demi laga berikutnya musim ini, tanpa berpikir terlalu panjang soal usianya yang tak lagi muda.

“Saya tidak tahu apakah musim ini bisa jadi kesempatan terakhir saya memenangi Liga Champions; hanya waktu yang akan memberitahukannya,” tambah Robben.

“Di satu sisi lainnya, ini kesempatan lain untuk memenanginya. Target kami sudah jelas untuk melaju sejauh mungkin. Namun kami baru hanya akan memulai tahapan awal grup. Kami ingin melihat hal dari satu waktu (ke waktu berikutnya) dan memastikan kami melangkah ke fase gugur,” tukasnya.

Bayern akan mengawali persaingan grup E Liga Champions melawan Benfica di Estadio da Luz pada Kamis, 20 September 2018 pukul 02.00 dini hari WIB. Selain Bayern dan Benfica, grup E juga berisikan Ajax Amsterdam dan AEK Athens.

Breaking News Arjen Robben Bayern Muenchen FC Bayern Munchen Liga Champions
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.171

Bagikan