BolaSkor.com - Timnas Belanda mengawali laga pertama grup A Piala Dunia 2022 dengan kemenangan 2-0 atas Senegal di Al Thumama Stadium, Senin (21/11) malam WIB. Itu memastikan Der Oranje memenangi tujuh laga beruntun di fase grup Piala Dunia terhitung sejak 2010 - semua di era Louis van Gaal.

Louis van Gaal menerapkan formasi 5-3-2 untuk timnas Belanda. Sistem itu berubah menjadi tiga bek dengan kedua sayap naik untuk membantu serangan pada posisi ofensif. Sementara Senegal tanpa Sadio Mane dengan formasi 4-3-3.

Di sepanjang babak pertama pola permainan kedua tim terlihat dan cukup menarik. Senegal bermain baik dan seringkali mengancam saat menyerang di sepertiga pertahanan Belanda. Untung bagi Belanda, pertahanan mereka kukuh dengan adanya Matthijs de Ligt, Nathan Ake, dan Virgil van Dijk.

Lini tengah Belanda juga acapkali mudah dipenetrasi pemain Senegal yang cepat dan lincah. Belanda bahkan kesulitan dalam memberi keputusan ketika sudah tiba di pertahanan Senegal. Tak ayal laga berjalan sengit khususnya di lini tengah.

Baca Juga:

Inggris 6-2 Iran: Hujan Gol, The Three Lions dan Southgate Catat Sejarah

Piala Dunia 2022: Masih Bisa Naik Level, Kylian Mbappe Baru Capai Potensi 50 Persen

Bintang Laga Inggris Vs Iran: Bukayo Saka Keluar dari Mimpi Buruk

Pada akhirnya kedua kiper, baik Edouard Mendy di Senegal atau Andries Noppert di Belanda, tak banyak bekerja di paruh pertama yang berakhir imbang tanpa gol.

Tempo laga menurun di babak kedua tapi pola permainan seperti di babak pertama tak berubah. Masing-masing pelatih pun coba mencari jawaban dengan melakukan pergantian pemain.

Aliou Cisse di kubu Senegal memainkan Ismail Jakobs, Bamba Dieng, dan Nicolas Jackson. Sementara Louis van Gaal memainkan Memphis Depay, Davy Klaassen, dan Teun Koopmeiners.

Kebuntuan baru pecah di menit 84. Dari pola serangan yang sederhana tapi berkualitas Belanda mencuri keunggulan. Frenkie de Jong melihat pergerakan Cody Gakpo dan mengirim bola ke kotak penalti. Gakpo onside kala menerima bola dan lebih cepat menanduk bola ketimbang kiper Senegal, Edouard Mendy. 1-0 Belanda unggul.

Delapan menit waktu tambahan diberikan di babak kedua dan Senegal semakin ofensif untuk coba mencetak gol. Akan tapi justru pertahanan Senegal yang lengah saat Belanda menyerang.

Pada menit 90+8 dari serangan yang dibangun kiper, bola diberikan kepada Depay yang melewati lawan dan menendang bola. Bola ditepis Mendy tapi bola rebound disambar pemain yang baru masuk di babak kedua, Klaassen, hingga gol pun tercipta. Belanda menang 2-0 atas Senegal.

Susunan Pemain:

Belanda (5-3-2): Andries Noppert; Denzel Dumfries, Matthijs de Ligt, Virgil van Dijk, Nathan Ake, Daley Blind; Frenkie de Jong, Steven Berghuis (Teun Koopmeiners 79'); Cody Gakpo (Marten de Roon 90+4'), Vincent Janssen (Memphis Depay 62'), Steven Bergwijn (Davy Klaassen 79').

Pemain Cadangan: Remko Pasveer, Justin Bijlow, Jurrien Timber, Stefan de Vrij, Luuk de Jong, Memphis Depay, Noa Lang, Davy Klaassen, Marten de Roon, Tyrell Malacia, Wout Weghorst, Teun Koopmeiners, Kenneth Taylor, Xavi Simons, Jeremie Frimpong.

Pelatih: Louis van Gaal

Senegal (4-3-3): Edouard Mendy; Youssouf Sabaly, Kalidou Koulibaly, Pape Abou Cisse, Abdou Diallo (Ismail Jakobs 62'); Cheikhou Kouyate, Nampalys Mendy, Idrissa Gueye; Ismaila Sarr, Boulaye Dia (Bamba Dieng 69'), Krepin Diatta (Nicolas Jackson 74').

Pemain Cadangan: Seny Dieng, Alfred Gomis, Formose Mendy, Nicolas Jackson, Moussa N’Diaye, Pathe Ciss, Fode Ballo-Toure, Iliman Ddiaye, Ismail Jakobs, Pape Sarr, Famara Diedhiou, Bamba Dieng, Moustapha Name, Mamadou Loum, Pape Gueye.

Pelatih: Aliou Cisse