BolaSkor.com - Tim Nasional Belanda memang mampu mengawali kiprahnya di Piala Eropa 2020 dengan kemenangan. Namun hasil tersebut diraih lewat perjuangan keras.

Belanda menjamu Ukraina pada laga perdana grup C di Stadion Johan Cruyff Arena, Senin (14/6) dini hari WIB. Kedua tim masih bermain imbang 0-0 hingga babak pertama berakhir.

Namun Belanda seperti akan memenangi pertandingan setelah Georginio Wijnaldum dan Wout Weghorst mencetak dua gol cepat di awal babak kedua. Skor 2-0 tentu membuat tim asuhan Frank de Boer bermain lebih tenang.

Baca Juga:

Bintang Laga Belanda Vs Ukraina: Denzel Dumfries, Pantang Surut

Klasemen Sementara Grup C Piala Eropa 2020: Belanda Tempel Austria

Hasil Grup C Piala Eropa 2020: Austria Catat Sejarah, Belanda Menang Dramatis

Denzel Dumfries (tengah) mencetak gol kemenangan Belanda.

Meski begitu, Ukraina tak mau menyerah begitu saja. Tim yang ditangani Andriy Shevchenko tersebut secara luar biasa mampu menyamakan kedudukan juga dalam tempo singkat.

Tendangan spektakuler Andriy Yarmolenko dari luar kotak penalti memperkecil kedudukan pada menit ke-75. Empat menit kemudian, sundulan Roman Yaremchuk mengubah skor menjadi 2-2.

Untungnya, mental para pemain Belanda tidak roboh usai kedudukan imbang. Denzel Dumfries akhirnya mencetak gol kemenangan Der Oranje hanya lima menit sebelum waktu normal berakhir.

De Boer mengakui laga kontra Ukraina tidak akan berjalan mudah. Namun ia juga tak menyangka sang lawan sempat bangkit setelah tertinggal dua gol.

"Kami tahu Ukraina adalah tim yang bagus. Ketika mereka menghadapi tekanan dari kami, mereka mampu bermain melawannya dan menemukan peluang baru," kata De Boer di situs resmi UEFA.

"Anda harus mencoba untuk tidak memberikan momen berbahaya kepada lawan."

Kebobolan dua gol dalam waktu singkat tentu ada masalah besar di lini pertahanan Belanda. De Boer coba menganalisis kesalahan anak-anak asuhnya.

"Zinchenko mengubah posisinya dan mulai bermain sebagai pemain sayap kiri setelah Marlos diganti. Pertahanan kami kurang sigap merespons dan itu sebabnya kami kebobolan," tambah De Boer.

“Yarmolenko mencari gol pertama karena anda tahu dia berkaki kiri, jadi Anda harus mempertahankannya dengan lebih baik dan kami tidak melakukannya. Untuk gol kedua, dua pemain terlalu antusias dan menyebabkan tidak ada offside yang diberikan."

"Anda tahu lawan akan mendapatkan peluang tetapi Anda berharap itu bukan karena kesalahan Anda sendiri. mIni adalah sesuatu yang harus kami pelajari untuk pertandingan selanjutnya," kata De Boer lagi.

Kemenangan tipis ini tak cukup mengantar Belanda ke puncak klasemen. Memphis Depay dan kawan-kawan kalah selisih gol dari Austria.

Simak Rangkuman keseruan Piala Eropa 2020 di sini