BolaSkor.com - Tim nasional Belanda akan menantang timnas Qatar pada laga pamungkas Grup A Piala Dunia 2022, di Al Bayt Stadium, Selasa (29/11). Lantas, bagaimanakah performa Belanda ketika melawan tuan rumah Piala Dunia?

Belanda saat ini memang berada di puncak klasemen sementara Grup A. Dari dua pertandingan, Virgil van Dijk dan kawan-kawan mengoleksi empat poin.

Namun, bukan berarti tiket 16 besar sudah ada dalam genggaman. Jumlah poin Belanda sama dengan yang dimiliki Ekuador yang ada di pos kedua.

Baca Juga:

Hasil dan Klasemen Grup G-H Piala Dunia 2022: Portugal ke 16 Besar

8 Fakta Menarik Usai Brasil Lolos ke Babak 16 Besar

Brasil 1-0 Swiss: Samba Susul Prancis ke Babak 16 Besar

Sementara itu, Senegal yang bercokol pada posisi ketiga hanya kalah satu poin dari Belanda.

Oleh karena itu, skuad asuhan Louis van Gaal tersebut perlu menargetkan tiga poin jika ingin aman posisinya. Kemenangan besar atas Qatar juga akan membuat jalan semakin lapang.

Berdasarkan statistik, ini akan menjadi keempat kalinya Belanda menghadapi tuan rumah Piala Dunia. Pada tiga laga sebelumnya, Belanda meraih hasil beragam.

Pada pertandingan pertama, Belanda menantang Jerman Barat pada final Piala Dunia 1974. Hasilnya, Belanda kalah tipis 2-1.

Empat tahun berselang, Belanda kembali menghadapi tuan rumah pada laga puncak. Kali ini, lawan yang dihadapi adalah Argentina. Sayangnya, Belanda kembali keok dengan skor 3-1.

Akhirnya, Belanda mengakhiri catatan buruk kontra tim tuan rumah pada perebutan tempat ketiga Piala Dunia 2014. Belanda mengalahkan Brasil.

Menilik kekuatan tim saat ini, Belanda jelas diunggulkan meraup tiga poin. Namun, satu yang perlu diingat adalah Piala Dunia 2022 kerap memakan korban klub-klub besar.