BolaSkor.com - Real Madrid sangat aktif di bursa transfer musim panas 2019. El Real memulai proyek Los Galacticos jilid III dengan merekrut lima pemain dan menghabiskan mahar sebesar 303 juta euro atau setara Rp 4 triliun.

Kelima pemain yang datang ke Santiago Bernabeu adalah: Rodrygo Goes (Santos), Eder Militao (FC Porto), Luka Jovic (Eintracht Frankfurt), Eden Hazard (Chelsea), dan Ferland Mendy (Olympique Lyonnais). Kabarnya, transfer Madrid belum berhenti.

Madrid disinyalir mengincar Christian Eriksen (Tottenham Hotspur) dan Paul Pogba (Manchester United) - salah satunya akan coba direkrut Madrid. Zinedine Zidane, pelatih Madrid, menunjukkan ambisi besar untuk bangkit di musim 2019-20.

Baca Juga:

Eden Hazard Datang, Gareth Bale Menuju Bayern Munchen

Kedatangan Eden Hazard Buka Pintu Keluar Gareth Bale dari Real Madrid

Ingat Real Madrid, yang Mahal Tak Selalu Langsung Andal

Paul Pogba masih dikaitkan dengan Real Madrid

Maklum, Madrid terseok-seok di musim 2018-19 hingga gagal menjadi juara di ajang Copa del Rey, LaLiga, dan Liga Champions. Sergio Ramos dan kawan-kawan hanya meraih titel Piala Dunia Antarklub.

Bursa transfer musim panas 2019 menjadi momen untuk meregenerasi skuat yang telah menua. Khususnya setelah ditinggal Cristiano Ronaldo tahun lalu ke Juventus. Madrid memulai kembali proyek Los Galacticos, julukan yang identik dengan mereka karena mengumpulkan bintang-bintang Eropa.

Kendati demikian, Florentino Perez, Presiden Madrid, tidak bisa hanya sekedar fokus mendatangkan pemain ke Bernabeu. Dia juga harus mempertimbangkan aturan dari UEFA bernama FFP (Financial Fair Play).

Cuci Gudang Real Madrid

Pada 2009 silam, Madrid masih bisa leluasa merekrut banyak pemain bintang tanpa batas tertentu karena aturan FFP belum ada. Kini, dengan jumlah pengeluaran sebesar itu, Madrid harus menutupinya dengan cara menjual pemain.

Sedianya, masih ada cara lain agar Madrid tak perlu menjual pemain jika mampu menutupi pengeluaran atau potensi hutang, dengan penjualan merchandise dan pemasukan dari sponsor.

Akan tapi, menjual pemain jadi solusi cepat mengakali aturan FFP. Kebetulan, Madrid memiliki beberapa pemain yang dapat dijual dengan harga yang cukup tinggi.

Dikutip dari AS, beberapa nama yang dapat dijual Madrid di antaranya adalah: Gareth Bale, James Rodriguez, Lucas Vazquez, Mateo Kovacic. James dan Kovacic musim lalu dipinjamkan ke klub lain dan kini, setelah kembali ke Madrid, klub bisa menjual mereka.

Bale tidak lagi masuk dalam rencana bermain Zidane, terlebih pemain asal Wales itu sering cedera. Sementara Vazquez bisa dijual untuk menambah pemasukan klub. Madrid berharap bisa mendapatkan mahar sebesar 250 juta euro dari penjualan mereka.

Itu baru pemain-pemain yang dapat dijual. Belum lagi mereka yang dapat dipinjamkan ke klub lain - kebanyakan pemain muda. Mereka seperti halnya Marcos Llorente, Dani Ceballos, Borja Mayoral, Mariano Diaz, dan Sergio Reguilon.

Madrid bisa menjual mereka atau memilih untuk meminjamkan, entah dengan opsi permanen atau tidak. Meminjamkan mereka dapat mengurangi pengeluaran klub untuk menggaji pemain.

Satu hal pasti: Real Madrid belum akan berhenti bermanuver di bursa transfer musim panas ini.