BolaSkor.com - Setelah lolos dengan cara dramatis yakni berdasarkan poin fair play dari Grup H, Jepang bakal menemui tembok besar bernama Belgia. Kedua tim tersebut bakal saling bertarung pada babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Rostov Arena, Selasa (3/7) dini hari WIB.

Berbeda dengan Jepang yang bisa dikatakan lolos karena beruntung, Belgia tampil meyakinkan sejak fase grup. The Red Devils menyapu bersih tiga kemenangan di Grup G termasuk saat menghadapi tim nasional Inggris.

Meski unggul secara materi pemain, pelatih Belgia, Roberto Martinez, tidak ingin jemawa. Kemampuan Jepang yang di luar dugaan membuat Martinez berhati-hati.

"Mereka tim yang memiliki energi luar biasa dan kapasitas yang tinggi. Jepang memiliki pengalaman dan pemain mereka bermain di Eropa semua," ujar Martinez dikutip dari Daily Mail, Senin (2/7).

"Pemain Jepang tahu apa yang harus dilakukan. Saya memprediksi ini akan menjadi gim yang ketat," sambung mantan pelatih Wigan Athletics tersebut.

Adapun bagi Jepang, pertandingan menghadapi Belgia merupakan adu gengsi negara Asia dengan Eropa. Tim Samurai Biru menjadi satu-satunya wakil Asia yang bertahan pada Piala Dunia 2018.

"Dengan empat tim lain yang tereliminasi, kini kami menjadi harapan terbesar. Kami ingin membuat kejutan dengan memenangkan pertandingan menghadapi Belgia," ujar pemain tim nasional Jepang, Shinji Kagawa, dikutip dari SkySports.

"Kami akan menunjukkan kalau tim Asia juga bisa bermain, Kepercayaan diri kami sangat besar kali ini," sambungnya.

Prediksi Susunan Pemain:

Belgia: Thibaut Courtois, Jan Vertonghen, Vincent Kompany, Toby Alderweireld, Axel Witsel, Kevin De Bruyne, Yannick Carrasco, Thomas Meunier, Dries Mertens, Eden Hazard, Romelu Lukaku

Pelatih: Roberto Martinez

Jepang: Eiji Kawashima, Hiroki Sakai, Maya Yoshida, Gen Shoji, Yuto Nagatomo, Makoto Hasebe, Gaku Shibasaki, Genki Haraguchi, Shinji Kagawa, Takashi Inui, Yuya Osako

Pelatih: Akira Nishino