Beragam Tes Fisik Harus Dilalui Atlet Pelatnas PBSI

Andhika PutraAndhika Putra - Senin, 12 April 2021
Beragam Tes Fisik Harus Dilalui Atlet Pelatnas PBSI

BolaSkor.com - Menjadi atlet di pelatnas PBSI tidaklah mudah. Setidaknya, ada enam tes fisik yang perlu dilalui demi menetap di Cipayung.

Setelah melewati tes kesehatan, Kamis (8/4). Para atlet pelatnas melanjutkan screening dengan tes fisik. Setidaknya ada enam tes fisik yang harus dilewati mereka sejak pagi hingga sore hari. Tes itu terdiri dari core muscle test, vertical jump, medicine ball throw, court agility test, rast test dan bleep test.

Tes fisik ini adalah rangkaian yang kita adakan untuk skrining atlet-atlet yang kita panggil," kata Iwan Hermawan, Kepala Sub Bidang Pengembangan Sports Science PP PBSI.

Baca Juga:

Greysia Polii Niat Pensiun, PBSI Segera Cari Pengganti

Pandemi Belum Mereda, Indonesia Masters Belum Bisa Dihelat

"Biasanya kami buat per sektor dengan jadwal berbeda-beda. Mulai tahun ini kita satukan jadwalnya agar data yang didapatkan bisa serentak termasuk juga tes kesehatan dan psiko tes-nya," lanjutnya.

Berdasarkan tes fisik, PBSI jadi punya data lengkap setiap atlet. Penggunaan sports science merupakan inti dari pengembangan prestasi bulu tangkis Indonesia.

“Dari data yang didapat dari tes ini kita bisa mengidentifikasi semua komponen dan kualitas fisik atlet-atlet kita," kata Iwan.

"Lalu data ini akan kami konsultasikan ke pelatih fisik untuk menjadi sasaran-sasaran latihan. Demi meningkatkan standar seperti yang kita inginkan, terutama untuk atlet-atlet yang kondisi fisiknya masih kurang," kata Iwan lagi.

Breaking News Bulu Tangkis Pbsi
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.247

Bagikan