BolaSkor.com - Tim nasional basket Indonesia membuat kejutan pada SEA Games 2021. Untuk pertama kalinya, tim Garuda berhasil merebut medali emas.

Keberhasilan itu tambah manis karena lawan yang dihadapi di final adalah Filipina yang notabene raja basket Asia Tenggara. Suka dan haru dirasakan seluruh pemain saat peluit panjang berbunyi tanda pertandingan berakhir.

Ternyata keberhasilan tim nasional basket Indonesia merebut medali emas sudah diprediksi sebelumnya. Pelatih Jr NBA, Carlos Barocca, beberapa kali menyaksikan latihan tim nasional basket Indonesia sebelum berangkat ke Vietnam.

“Saya melihat bagaimana tim Indonesia berlatih mempersiapkan diri. Melihat cara mereka berlari, saya sudah sangat yakin kalau mereka mampu mengalahkan Filipina,” ujar Carlos.

Baca Juga:

IBL Bangun Taman Bermain di 5 Kota

SEA Games 2021: Apresasi dan Harapan CEO Dewa United Surabaya untuk Timnas Basket Indonesia

“Dan itu akhirnya terbukti. Indonesia sukses menundukkan Filipina di SEA Games dan meraih medali emas untuk kali pertama,” imbuhnya.

Kehadiran Marques Bolden dan Derrick Michael di tim nasional basket Indonesia diakui Carlos menjadi pembeda. Akan tetapi, Carlos juga tak memungkiri Filipina sedikit menyepelekan Indonesia.

“Filipina juga sedikit menyepelekan Indonesia. Mereka berstatus dominator Asia Tenggara dan sikap seperti ini juga pernah dialami Amerika Serikat di Olimpiade," ujar Carlos.