Berani Ambil Risiko Jadi Pesan Pelatih FC Tokyo untuk Pembinaan Pemain Muda Indonesia

Frengky AruanFrengky Aruan - Minggu, 28 Januari 2018
Berani Ambil Risiko Jadi Pesan Pelatih FC Tokyo untuk Pembinaan Pemain Muda Indonesia
Kenta Hasegawa saat memberikan komentar. (BolaSkor.com/Frengky Aruan)

BolaSkor.com - Pelatih FC Tokyo, Kenta Hasegawa, memberi pesan untuk pembinaan pemain muda Indonesia. Ini ketika dirinya bicara soal pembinaan pemain muda di Jepang.

Ia angkat bicara setelah memimpin The Gas Men mengalahkan Bhayangkara FC 4-2 dalam laga bertajuk J.League Asia Challenge 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Sabtu (27/1). Pertandingan ini juga menjadi bagian peringatan 60 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Jepang.

Selain tergantung pemain itu sendiri, peningkatan kualitas pemain muda juga sangat dipengaruhi keputusan pelatih. Menurutnya seorang pelatih harus berani memainkan pemain muda meski minim pengalaman dan belum matang.

"Kunci dari pemain muda dari kami pelatih, yaitu harus memainkannya walau ada risiko untuk tim. Karena masih muda, pengalaman kurang. Kadang bisa melakukan kesalahan fatal buat tim," jelas Kenta Hasegawa.

Kesalahan yang dilakukan pemain muda baginya tak melulu berarti negatif. Sisi positif bisa didapatkan jika ditindaklanjuti dengan pembelajaran.

"Dengan risiko itu pelatih harus berani. Karena kegagalan bisa menjadi pengalaman penting. Jadi kuncinya memainkan walau berisiko," sambung pelatih 52 tahun yang juga pernah menangani Shimizu S-Pulse, Gamba Osaka.

Kenta Hasegawa mengaku merupakan salah satu pelatih yang sering memainkan pemain muda Jepang. Beberapa nama sudah dipolesnya untuk tampil di kompetisi lebih tinggi di luar Jepang.

Kenta Hasegawa juga menyampaikan pesannya untuk pemain muda. "Pesannya jangan takut melakukan kesalahan. Harus agresif, melakaukan latihan intens dan jangan berhenti. Harus menantang, jangan menyerah karena kesalahan bisa menjadi pengalaman berharga."

Fc tokyo Sepak bola indonesia
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan