BolaSkor.com - Fajar Alfian/Muhamad Rian Ardianto berhasil menutup tahun 2022 dengan kesuksesan. Pasangan ganda putra Indonesia tersebut mampu menempati rangking satu dunia.

Tercatat Fajar/Rian mampu unggul jauh dari pasangan asal Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi. Mereka mampu mengumpulkan total 88.655 poin, sedangkan Takuro/Yugo hanya berhasil mengoleksi 82.700 poin.

Pencapaian ini tidak terlepas dari konsistensi yang ditunjukkan Fajar/Rian sepanjang 2022. Mereka mampu menampilkan performa luar biasa di beberapa turnamen bergensi.

Pasti sangat bersyukur dan senang. Tadinya akhir tahun ingin posisi tiga besar targetnya, tetapi Alhamdulillah justru bisa lebih. Hal ini harus dipertahankan,” ucap Fajar, dikutip dari pbsi.id.

“Bersyukur alhamdulillah bisa jadi ranking satu di akhir tahun, tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Pastinya ini hasil kerja keras kami berdua dan tim pelatih juga tim pendukung. Ini jadi tahun terbaik kami sebagai pasangan, semoga bisa lebih konsisten dan lebih enjoy di setiap pertandingan,” sambung Rian.

Fajar/Rian mengunkapkan, kunci keberhasilan ini merupakan buah dari persiapan mental. Mereka selalu fokus di tiap pertandingan tanpa memikirkan target yang terlalu jauh.

“Kami tidak menyangka bisa jadi nomor satu, karena kita hanya fokus lebih menikmati pertandingan, tidak terlalu memikirkan hasil. Kalau menang tidak cepat puas, kalau kalah kami segera evaluasi,” ungkap Rian.

“Kuncinya selalu fokus di setiap pertandingan, tidak terlalu memikirkan jauh tapi bermain meningkat di setiap kesempatan,” tambah Fajar.

Berbekal hasil positif ini, Fajar/Rian mengaku semakin termotivasi menghadapi tahun 2023. Meskipun persaingan diprediksi akan semakin ketat karena adanya kualifikasi Olimpiade Paris 2024, mereka akan tetap fokus mempertahankan performanya.

“Tahun 2023 pasti akan lebih ketat, apalagi ada penghitungan poin ke Olimpiade. Yang jelas jangan lengah dan jangan puas sampai di sini,” ucap Fajar.

“Pasti semua pemain akan fokus untuk merebut ranking satu. Kami tidak mau memikirkan kalau kami ranking satu, karena itu hanya ranking, kalau sudah di lapangan semua pemain bisa menang dan bisa kalah. Jadi tetap harus bisa fokus dan enjoy. Semakin di atas pasti tantangan pun semakin berat. Jadi kami harus lebih siap mempersiapkan mentalnya,” pungkas Rian.

Penulis: Bintang Rahmat