BolaSkor.com - Tech 3 begitu identik dengan tim satelit Yamaha. Maklum tim yang dimiliki Herve Poncharal sudah berstatus tim satelit Yamaha sejak era MotoGP dimulai tahun 2002.

Namun mulai MotoGP 2019, Tech 3 akan beralih menjadi tim satelit KTM, pabrikan yang baru mentas di kelas tertinggi Kejuaraan Dunia Balap Motor tahun 2017.

Melihat sepak terjang KTM yang masih sulit bersaing di baris depan MotoGP, ada kekhawatiran Tech 3 bakal jadi sekadar penghias grid musim depan. Namun Poncharal menegaskan dirinya yakin telah membuat keputusan tepat dengan menerima pinangan KTM.

Menurutnya KTM, pabrikan asal Austria memiliki semua hal yang dibutuhkan untuk bersaing di papan atas MotoGP. Terlebih mulai musim 2019, KTM akan menurunkan empat pembalap.

Kursi tim pabrikan diisi Johann Zarco yang notabene pembalap Tech 3 musim ini dan Pol Espargaro. Sedangkan tim Red Bull KTM Tech 3 sendiri diperkuat Hafizh Syahrin dan Miguel Oliveira.

"Saya benar-benar senang dengan keputusan ini (pindah ke KTM). Tentu saja KTM butuh waktu (untuk kompetitif)," kata Poncharal. "Tetapi fakta bahwa mereka akan memiliki dua tim dan empat pembalap pada MotoGP musim depan bakal membantu KTM bersaing di papan atas," tambahnya.

Zarco
Johann Zarco (Zimbio)

Lebih lanjut rasa optimistis Poncharal juga berdasarkan fakta KTM akan diperkuat pembalap hebat. Salah satunya Zarco yang disebutnya ingin membuktikan diri bahwa KTM tepat memilihnya sebagai ujung tombak program tim di MotoGP.

"Saya juga berharap Pol tidak mengalami banyak cedera tahun depan. Dia ingin menunjukkan bahwa dia bisa bersaing dengan Zarco. Kemudian jangan lupakan juga dua pembalap tim kami, Oliveira dan Syahrin," Poncharal mengungkapkan.*

Baca Berita Selengkapnya soal Motorsports Lainnya di KabarOto.com