BolaSkor.com - Sebanyak enam nama dinilai pantas menduduki kursi satu PB PASI periode 2021-2024 dalam diskusi daring bertema “PASI Mencari Figur Ketua Umum di Era Pandemi 2021” present by SIWO PWI DKI Jakarta, Selasa (12/1). Mereka adalah Puan Maharani, Sandiaga Uno, Erick Thohir, Prabowo Subianto, Bambang Soesatyo, serta Basuki Hadimulyono.

Nama-nama tersebut muncul dalam diskusi yang dihadiri pengurus provinsi (pengprov) PASI, pelatih, atlet, mantan atlet, akademisi, komunitas lari, dan media.

“Yang saya garis bawahi seorang pemimpin harus punya jaringan luas, mampu mempengaruhi pemimpin daerah seperti gubernur agar bisa memajukan atletik. Pengurus seperti kami tidak bisa menangani sendirian. Harus ada kerja sama dengan semua pihak. Dulu (alm) Bob Hasan bisa (memajukan atletik) karena dekat dengan penguasa. Ini realistis,” kata Ketua Pengprov PASI Yogyakarta Teguh Raharjo.

PB PASI tengah menghadapi tantangan besar saat ini. Khususnya dalam memilih sosok yang pas untuk menempati kursi satu PB PASI periode 2021-2025 di Musyawarah Nasional (Munas), 25 Januari mendatang.

Sebab, karya yang ditinggalkan (alm) Bob Hasan terhadap kemajuan prestasi atletik Indonesia sungguh luar biasa. Dari belakang layar, beliau menciptakan nama-nama besar seperti Purnomo Yudhi, Suryo Agung, hingga Lalu Muhammad Zohri.

Baca Juga:

Grand Design Keolahragaan Nasional, Kunci Lahirnya Juara Dunia

Menpora Beri Tanggapan soal Lanjutan Liga 1

“Sejujurnya untuk menemukan sosok seperti Pak Bob Hasan tidak mudah dan mungkin tidak akan pernah bisa. Tapi, warisan pembinaan yang ditinggalkan oleh beliau ini harus diteruskan karena selanjutnya Indonesia harus mencetak atlet untuk menjadi penerus Zohri atau Emilia (Nova),” kata Suryo.

Atas dasar tersebut, mantan sprinter yang pernah tampil di lintasan Olimpiade 2008 Beijing ini menilai Puan, Sandiaga, serta Erick Thohir pantas menjadi Ketua PB PASI 2021-2025.

“Ibu Puan sebagai Ketua DPR saat ini juga memiliki pengalaman sebagai Menteri PMK di kabinet sebelumnya, Pak Erick juga terbukti sukses saat menjadi ketua INASGOC, serta Pak Sandiaga juga memiliki concern dengan olahraga,” terang Suryo.

Di sisi lain, dosen Universitas Negeri Yogyakarta Ria Lumintuarso berharap sosok yang akan menjadi ketua PB PASI nanti bisa memiliki komitmen serta tidak memolitisasi jabatannya. Paling penting, ketua terpilih mau menggandeng serta mendengar suara kalangan akademisi untuk memajukan atletik Indonesia.

“Atletik ini olahraga terukur dan sudah terbukti daerah-daerah yang bekerja sama dengan kalangan akademisi memiliki prestasi yang menonjol. Contohnya DKI Jakarta yang menggadeng UNJ, mereka sukses di PON,” kata Ria.

Terpisah, Gatot Asro dari komunitas IM ROAD RUNNERS berharap sosok ketua PB PASI nanti dapat menggerakan atletik menjadi olahraga industri. Menurutnya, atletik sangat potensial berkembang menjadi olahraga favorit di Indonesia jika digarap dengan serius.