Berhubungan dengan Gol Simic, Bali United Ingin Wasit Tambahan di Samping Gawang

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Rabu, 10 Juli 2019
Berhubungan dengan Gol Simic, Bali United Ingin Wasit Tambahan di Samping Gawang
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra. (BolaSkor.com/Putra Wijaya)

BolaSkor.com - Bali United menyarankan penambahan asisten wasit pada pertandingan Liga 1 2019. Asisten yang berada di samping gawang menjadi solusi jika PSSI sulit menggunakan teknologi Video Assistant Refeere (VAR).

Ada banyak kontroversi yang terjadi selama perhelatan musim ini. Yang sering dibahas ialah kejadian di sekitar kotak penalti. Sering kali kejadian yang begitu cepat tak teramati dengan baik oleh wasit utama maupun asisten wasit.

Terbaru adalah gol Marko Simic pada laga klasik antara Persija Jakarta melawan Persib Bandung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Rabu (10/7). Gol itu menjadi perdebatan, karena sekilas belum sepenuhnya melewati garis.

Paling telak adalah kompetisi 2017 lalu, dalam laga klasik yang sama di Stadion Manahan Solo. Saat itu gol Ezechiel Ndouassel jelas-jelas melewati garis gawang. Namun pantulan bola sangat cepat, ditambah hujan lebat yang mengguyur Manahan kala itu, membuat wasit utama tak melihat dan gol tak disahkan.

Baca Juga:

Bali United Kena Denda Rp 200 Juta karena Ulah Suporter, Teco Marah

Lilipaly Siap Kembali Jadi Gelandang untuk Gantikan Paulo Sergio Lawan Barito Putera

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra, menilai penambahan asisten wasit merupakan solusi tepat. Di negaranya Brazil, pelaku sepak bola menilai ada hal positif atas penambahan asisten wasit yang berposisi di samping gawang.

"Kita tahu penggunaan VAR sangat mahal. Mau pakai pun harus sekolah dulu, pasti butuh waktu buat Indonesia. Saya pikir asisten di samping gawang bisa digunakan, banyak negara sudah pakai ini, termasuk negara saya, dan orang Brasil bilang itu bagus," kata Stefano Cugurra.

Menurut Teco, sapaan akrabnya, asisten wasit ini punya tingkat konsentrasi yang tinggi. Pasalnya, pergerakannya tidak luas. Dengan begitu, wasit utama akan terbantu, terutama dalam mengamati situasi di kotak terlarang.

"Terkadang wasit utama jauh dari area, hakim garis juga mungkin terlambat. Kadang bola masuk tapi tidak terlihat, atau pelanggaran di area, tapi diberi tendangan bebas. Saya pikir akan sangat bantu," tutu Teco.

Usulan ini sebelumnya sudah didengung-dengungkan oleh pelatih fisik Bali United, Yogi Nugraha. Menurutnya, penambahan asisten ini tak terlalu membebani PSSI atau pun PT Liga Indonesia Baru (LIB), jika dibandingkan VAR yang sangat mahal.

"Saya yakin dengan penambahan asisten wasit ini akan meminimalisir kesalahan dalam mengambil keputusan. Dengan begitu, kualitas dari kompetisi akan meningkat," ucap Yogi Nugraha. (Laporan Kontributor Putra Wijaya/Bali)

Bali United Stefano Cugurra Teco Liga 1 Liga 1 2019 Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.977

Bagikan