BolaSkor.com - Megabintang Manchester United, Cristiano Ronaldo, telah meraih segalanya dalam kariernya dan kini di usia 37 tahun. Sukses besar diraih pemenang lima Ballon d'Or dan titel Liga Champions kala membela United (periode pertama), Real Madrid, dan Juventus.

Pada posisi tersebut wajar jika Ronaldo saat ini menjadi pemain senior yang dapat memberikan wejangan kepada pemain-pemain muda. Tak heran apabila Ronaldo kini diharapkan untuk memimpin generasi baru skuad Setan Merah.

Saat ini di tim arahan Ralf Rangnick ada pemain-pemain muda yang punya potensi, tapi belum tentu dapat memaksimalkannya jika tak diarahkan dengan benar seperti: Mason Greenwood, Marcus Rashford, Jadon Sancho, Scott McTominay, Anthony Elanga, dan lainnya.

Performa Rashford paling disorot belakangan ini. Pemain berusia 24 tahun seolah tak lagi memiliki passion bermain sepak bola. Itu dapat dilihat dari kemalasannya mengejar bola pada laga melawan Aston Villa, egois, dan banyak kehilangan bola.

Baca Juga:

Dukungan Penuh Ronaldo untuk Ralf Rangnick

Diminta Tutup Mulut, Cristiano Ronaldo Dinilai sebagai Masalah di Manchester United

Sedang Bermasalah, Rashford Disarankan Minta Wejangan dari Cristiano Ronaldo

Marcus Rashford dan Cristiano Ronaldo

Seakan menyindir Rashford, Ronaldo memberikan saran kepada pemain-pemain muda yang masuk generasi terkini sepak bola di Eropa.

Belajar dari pengalamannya kala masih muda dan bermain di Man United, Ronaldo menyarankan pemain-pemain muda untuk mendengarkan saran dan menerima kritikan dari pemain senior. Generasi terkini, menurut Ronaldo, sulit menerima kritikan.

"Tentu saja. Saya pikir untuk membangun hal-hal yang baik kadang-kadang Anda harus menghancurkan beberapa hal," tutur Ronaldo dikutip dari Sky Sports.

“Saya ingat ketika saya berusia 18 tahun, beberapa pemain yang lebih tua berbicara dengan saya dan saya menganggap itu sebagai keharusan untuk berkembang, mereka tahu lebih banyak daripada saya karena mereka memiliki lebih banyak momen buruk."

"Generasi baru ini pada umumnya tidak terima jika dikritik. Saya punya anak yang saya tahu. Mereka melakukan yang sebaliknya."

“Saya tidak mengatakan pemain kami tetapi secara umum. Anda harus menemukan keseimbangan yang tepat untuk berbicara dengan mereka. Ini tahun baru kita harus mengubah halaman. Kami memiliki banyak hal untuk dimenangkan. Kami harus percaya itu atau itu akan menjadi mimpi buruk."

“Saya di sini untuk membantu. Ketika mereka membutuhkan dukungan dan saran saya, saya akan menjadi orang nomor satu untuk membantu."

“Jika Anda tidak menginginkan bantuan dan saran saya, lakukan pekerjaan Anda, lihat diri Anda sendiri. Lakukan yang terbaik untuk membantu tim," tegas Ronaldo.

Kala memperkuat United di periode pertama, Ronaldo memiliki Rio Ferdinand, Nemanja Vidic, Ryan Giggs, Paul Scholes, dan legenda lainnya sebagai pemain senior yang membimbingnya.