BolaSkor.com - Sepak bola Inggris berduka. Legenda Liverpool, Tottenham Hotspur, dan Inggris Ray Clemence meninggal dunia setelah bertarung melawan kanker selama 15 tahun. Clemence meninggal dunia pada usia 72 tahun.

Clemence menghiasi dunia sepak bola dengan kesuksesan dan warisan besar sebagai pemain pada posisi kiper dari medio 1965 hingga 1988 dengan hanya membela tiga klub: Scunthorpe United, Liverpool, dan Tottenham.

"Dengan kesedihan besar, kami menulis untuk memberi tahu Anda bahwa Ray Clemence meninggal dengan damai hari ini, dikelilingi oleh keluarga tercintanya," tutur pernyataan dari keluarga Clemence dikutip dari Sky Sports.

"Setelah berjuang begitu keras (melawan kanker), untuk waktu yang lama, dia sekarang damai dan tidak lagi kesakitan."

"Keluarga ingin mengucapkan banyak terima kasih atas semua cinta dan dukungan yang dia terima selama ini. Dia sangat dicintai oleh kami semua dan dia tidak akan pernah dilupakan."

Baca Juga:

3 Solusi Sementara Krisis Lini Belakang Liverpool Tanpa Rekrut Bek Baru

Andrew Robertson Perparah Krisis Lini Pertahanan Liverpool

Masih Kepala Batu Tak Mau Beli Bek Baru, Liverpool?

Ray Clemence di staf kepelatihan Inggris

Clemence adalah salah satu dari 29 pemain yang bermain lebih dari 1.000 penampilan dalam kariernya. Kesuksesan besar diraihnya dengan Liverpool dan di antaranya memenangi tiga Liga Champions, lima titel liga, dua Liga Europa, satu Piala Super Eropa, Piala FA, dan Piala Liga.

Kiper dengan 61 caps bersama timnas Inggris juga pernah menjadi pelatih Tottenham dan Barnet sebelum berada di staf kepelatihan Inggris. Clemence juga menjadi Kepala Pengembangan Pemain Muda FA pada usia U-16 hingga U-20.

"Kami sangat sedih mengetahui bahwa mantan penjaga gawang Three Lions dan pelatih Ray Clemence telah meninggal dunia pada usia 72 tahun. Semua duka kami bersama keluarga Ray, teman dan mantan klub saat ini," tutur pernyataan dari FA.

Mantan pelatih timnas Inggris Fabio Capello juga mengenal dengan baik sosok Ray Clemence yang humoris dan dihargai oleh semua orang.

Ray Clemence dengan Liverpool

"Ray adalah orang yang luar biasa dan teman yang baik. Dia adalah anggota yang sangat penting dari staf pelatih Inggris, disukai dan dihormati oleh semua orang," imbuh Capello.

"Ketika saya pertama kali tiba di Inggris, saya ingat Ray sebagai penjaga gawang yang brilian bersama Liverpool, Tottenham, dan tim nasional. Dia juga pelatih kiper yang sangat baik. Seorang pria yang memiliki selera humor yang tinggi."

"Kami sering bermain golf bersama Sir Trevor Brooking yang selalu saya nikmati. Saya sangat menghargai pengetahuan dan dukungan setianya selama saya menjadi manajer Inggris. Saya ingin menyampaikan belasungkawa yang terdalam kepada semua keluarga Ray."

"Kami sangat sedih dengan meninggalnya salah satu kiper terhebat yang pernah ada, Ray Clemence. Semua orang di Liverpool Football Club memikirkan keluarga Ray dan banyak teman," imbuh pernyatan dari Liverpool.

Legenda Liverpool Kenny Dalglish yang pernah bermain dengan Clemence menggambarkannya sebagai legenda sesungguhnya. "Clem mantan rekan setim yang fantastis dan senang berada dengannya," tambah Dalglish.

Rest in peace, Ray Clemence.