BolaSkor.com - Dewan Pembina Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Indonesia (PP Perbasi), Maruarar Sirait, optimitis Piala Dunia Basket 2023 bisa sukses digelar di Tanah Air. Pria yang akrab disapa Ara itu berkaca dari kesuksesan Indonesia menghelat Asian Games 2018.

Indonesia sebelumnya sempat diragukan bisa menjadi tuan rumah Asian Games 2018 yang baik. Namun, di bawah kedali Erick Thohir yang ditunjuk sebagai ketua INASGOC kala itu, Indonesia menuai pujian.

Bahkan, tidak hanya sukses sebagai penyelenggara ajang empat tahunan tersebut, Indonesia juga mampu berbicara banyak dari segi prestasi. Indonesia mampu menembus posisi keempat dalam perolehan medali. Dengan mampu meraih 31 medali emas, 24 perak, dan 43 perunggu. Atau dengan total raihan 98 medali.

“Beruntung Indonesia punya pak Presiden Jokowi. Dulu banyak orang yang meragukan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018, bisa apa tidak? Beliau menunjuk pak Erick Thohir yang memang teruji, profesional, berintegritas. Akhirnya bisa berjalan dengan sangat baik dari segi penyelenggaraan dan juga prestasi,” ungkap Ara saat dijumpai BolaSkor.com di Mahaka Square, Jakarta, Kelapa Gading, Minggu (2/2).

Pencapian Indonesia saat Asian Games 2018 seharusnya bisa diterapkan kembali kala Jakarta menjadi tuan rumah Piala Dunia Basket 2023.

Baca Juga:

Janji LeBron James untuk Kobe Bryant: Kembalikan Kejayaan Lakers

Kobe Bryant, Pick ke-13 yang Membawa Segudang Prestasi untuk Lakers

“Menurut saya hampir sama saja, prestasi pembinaan dalam kejuaraan dunia basket tentunya harus juga jadi pencapaian yang harus diusahakan. Tapi juga persiapan manajemen, teknis juga penting vital. Dengan bimbingan semua pihak termasuk pak Menpora (Zainudin Amali) juga luar biasa dukungannya saya yakin kita bisa sukses,” lanjut Ara.

Meski menjadi tuan rumah, tim nasional basket Indonesia tak otomatis lolos ke putaran final. Tim Garuda minimal harus lolos ke Piala Asia 2021 terlebih dahulu.

“Saya yakin basket Indonesia akan maju. saya melihat spirit itu sangat kuat di basket. Saya yakin basket akan maju, apalagi ada sosok pak Erick Thohir, walau kita tau sudah tidak lagi menjadi pengurus basket di Indonesia, beliau tentu menjadi parameter. Sinergi dari semua ini akan jadi kekuatan luar biasa untuk bisa membuat basket Indonesia maju,” tandas Ara yang juga Ketua Steering Committee (SC) Piala Presiden Basket 2019.