BolaSkor.com - Kedatangan Andres Iniesta tak hanya memberikan dampak positif dalam permainan Vissel Kobe. Berkat kehadirannya, kontestan Liga Jepang (J-League) tersebut juga berhasil memecahkan rekor pendapatan terbesar klub di Negeri Sakura.

Dilansir dari Marca, Vissel Kobe meraup keuntungan sebesar 11,44 miliar yen pada tahun pembukuan 2019 yang berakhir 31 Maret silam. Ini kali pertama ada klub Jepang yang nilai keuntungannya menembus angka 10 miliar yen.

Sebelumnya, rekor pendapatan terbesar Vissel Kobe adalah 9,6 miliar yen. Jumlah tersebut diraih pada tahun 2018 yang merupakan musim pertama kedatangan Iniesta.

Baca Juga:

Andres Iniesta, Bocah Pemalu, Depresi, dan Ballon d'Or

Bruno Fernandes Ungkap Dua Pemain Idolanya

Respons Iniesta jika Diduetkan dengan Xavi Latih Barcelona

Iniesta menandatangani kontrak selama tiga tahun bersama Vissel Kobe pada Mei 2018. Ia memilih melanjutkan kariernya ke Jepang setelah membela Barcelona selama 22 musim.

Sejak kedatangan Iniesta, Vissel Kobe kebanjiran tawaran sponsor. Nilainya meningkat hingga 10 juta euro dari tahun-tahun sebelumnya.

Nama besar Iniesta juga membuat jumlah suporter Vissel Kobe bertambah. Hal itu berdampak terhadap keuntungan penjualan tiket pertandingan yang meningkat pesat.

Dampak positif kehadiran Iniesta juga dirasakan Vissel Kobe di lapangan. Dua trofi yaitu Piala Kaisar 2019 dan Piala Super Jepang 2020 berhasil didapatkan.

Namun semua itu tak lengkap rasanya karena Iniesta belum mampu membawa Vissel Kobe meraih gelar juara J-League. Musim lalu mereka hanya menempati peringkat kedelapan.

Musim 2020 harusnya menjadi kesempatan terbaik Iniesta untuk mewujudkan hal tersebut. Sayang pandemi virus corona membuat ambisi tersebut terhambat.