BolaSkor.com – Pelatih Timnas Indonesia U-18, Fakhri Husaini mengaku cukup senang dengan perkembangan para mantan anak asuhnya di Timnas Indonesia U-16. Fakhri Husaini mengaku mereka kini lebih cepat beradaptasi dibandingkan dengan sebelumnya.

Ucapan Fakhri Husaini memang terbukti, pasalnya beberapa mantan pemain Timnas Indonesia U-16 yang tergabung dalam Garuda Select sempat berlatih di Inggris. Di sana mereka menggunakan formasi 3-5-2.

Formasi tersebut jelas berbeda dengan formasi yang diterapkan oleh mantan pemain Timnas Indonesia era 1990-an ini. Ketika menangani Timnas Indonesia U-16, ia menerapkan formasi 4-3-3.

Kendati berbeda, Fakhri Husaini mengaku cukup senang dengan perkembangan pemainnya. Bahkan ketika ia diberikan kesempatan untuk bisa menangani Garuda Select dengan formasi 4-3-3, ia berhasil menahan imbang 1-1 Leicester City U-16.

Baca Juga:

Fakhri Husaini Cari 15 Pemain pada Seleksi Tahap Kedua Timnas Indonesia U-18

Seleksi Tahap Dua Timnas Indonesia U-18, Fakhri Husaini Panggil 30 Pemain

“Saya di sana termasuk senang, artinya mereka kan sama saya setahun lebih ya, pakai 4-3-3. Enam bulan mereka di Inggris 3-5-2 tapi di Inggris saya pegang satu pertandingan lawan Leicester kembali ke 4-3-3, mereka bisa kembali dengan baik,” kata Fakhri.

“Jadi saya masih merasa puas dengan mereka bahwa mereka belum lupa dengan saya. Tapi pemain yang bagus harus bisa beradaptasi dengan pelatih, formasi, dan situasi kondisi di lapangan. Kalau mereka main jelek karena ada perubahan sistem, ya mereka nggak bagus,” Fakhri menambahkan.

Rasa puas ini juga terlihat ketika beberapa pemain eks Timnas Indonesia U-16 mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-18. Menurutnya para mantan anak asuhnya tersebut sudah sangat cepat beradaptasi.

Saat ini, Fakhri Husaini sedang menggelar seleksi Timnas Indonesia U-18 tahap kedua. Pada seleksi kali ini, mayoritas pemain yang ada dalam seleksi kali ini merupakan alumnus dari Timnas Indonesia U-16.