BolaSkor.com - Lolosnya Arsenal ke semifinal Liga Europa menambah padat jadwal mereka menjelang akhir musim 2017/18. The Gunners memang hanya berpatisipasi di Premier League dan Liga Europa, setelah tersingkir dari Piala FA dan Piala Liga. Namun, jeda pemulihan dari laga Liga Europa dengan Premier League sangatlah singkat.

Arsene Wenger, manajer Arsenal, sudah mulai khawatir pemainnya kelelahan karena minimnya waktu untuk pemulihan dari satu laga Liga Europa ke Premier League. Seperti saat ini, ketika para pemain Arsenal baru kembali dari perjalanan jauh ke Rusia, pasca melawan CSKA Moscow, lalu mereka langsung dihadapkan pada laga pekan 34 Premier League melawan Newcastle United.

Arsenal telah memainkan 52 laga musim ini dan berpotensi bermain selama 61 kali - jika Arsenal lolos ke final Liga Europa. Kurangnya waktu pemulihan, membuat pemain rawan cedera. Itulah mengapa, Wenger kemungkinan besar akan melakukan rotasi pemainnya saat melawan Newcastle dan mulai fokus bermain di Liga Europa. Kendati demikian, ia tetap khawatir dengan kondisi letih yang dialami timnya saat ini.

"Jujur, situasi saat ini sangat sulit. Kami baru mendarat pukul lima pagi dan bermain pada Minggu pagi. Lalu, hal kedua yang paling sulit adalah ketika Anda bermain, semuanya juga telah bermain. Tidak hanya secara fisik Anda terkuras, tapi juga Anda di bawah tekanan besar untuk terus memenangi pertandingan. Tekanan secara mental mungkin lebih kuat dibanding fisik," tutur Wenger, dilansir dari Mirror, Minggu (15/4).

"Kondisi saat ini sedikit jadi perhatian karena untuk periode panjang, sekarang, dengan adanya Piala Liga di tengah musim, situasi semakin sulit. Anda lihat (Manchester) City dan mereka sedikit keletihan di paruh kedua musim baru ini. Saya melakukan sebanyak dan sebisa mungkin (merotasi pemain). Sayangnya, beberapa pemain harus memainkan seluruh laga."

Pada semifinal Liga Europa, Arsenal akan terlebih dahulu menjadi tuan rumah pada leg pertama yang berlangsung pada Jumat, 27 April 2018 pukul 02.05 WIB. Baru di leg kedua, Arsenal akan menyambangi Wanda Metropolitano, markas Atletico pada Jumat, 4 Mei 2018 pukul 02.05 WIB.