Cara Bersepeda Aman bersama Komunitas saat Pandemi

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Kamis, 23 Juli 2020
Cara Bersepeda Aman bersama Komunitas saat Pandemi
Ilustrasi komunitas sepeda (merahputih.com)

BolaSkor.com - Aktivitas bersepeda tengah naik daun di tengah pandemi virus corona (Covid-19). Pesepeda tetap ramai meskipun adanya pembatasan sosial.

Anggota Tim Pakar Universitas Lambung Mangkurat (ULM) untuk Percepatan Penanganan Covid-19 di Kalimantan Selatan Syamsul Arifin mengungkapkan bahwa bersepeda bersama rawan transmisi virus corona jika tidak waspada dan mengabaikan protokol kesehatan.

Menurut Syamsul, tidak ada yang salah dalam setiap kegiatan olahraga termasuk bersepeda. Namun kondisi pandemi mengharuskan semua orang wajib beradaptasi untuk mencegah terpapar virus yang tengah mewabah. Apalagi dalam bersepeda, dia melihat lebih banyak dilakukan secara bersama-sama alias komunitas.

Baca Juga:

Tips Lari di Masa Pandemi dari Peraih Medali Emas SEA Games

Tren Gowes Meningkat, Pembalap BMX Indonesia Beberkan Tips Memilih Sepeda Pertama

(Side.id/Andhika)

Terlebih para pesepeda sebagian atau justru kebanyakan tak mematuhi protokol kesehatan seperti penggunaan masker dan menjaga jarak satu sama lain saat berkumpul.

Syamsul menjelaskan, masyarakat harus memahami jika penularan Covid-19 bersifat komunal. Di mana hasil penelitian banyak orang yang terpapar ketika berada di komunitas ataupun tempat keramaian seperti pasar termasuk aktivitas olahraga bersama.

"Makanya sering disebut klaster ketika ada orang terpapar dari sumber atau asal lokasi kegiatan yang sama," beber Guru Besar Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran ULM itu.

Dia mengingatkan masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan demi mencegah penularan termasuk saat melakukan kegiatan olahraga.

Saran dia, jika olahraga berat yang tak bisa menggunakan masker sebaiknya tetap dilakukan di rumah atau lokasi yang terbatas alias tidak berkumpul banyak orang secara berdekatan.

"Karena olahraga berat seperti lari, kalau pakai masker bisa sesak napas. Jadi lakukan di rumah saja dengan treadmill atau alat bantu lainnya," timpalnya.

Terkait sepeda sendiri, menurut Syamsul bisa olahraga ringan dan bisa pula berat tergantung rute dan jarak tempuhnya. Jadi, ketika gowes bersama, tetap patuhi protokol kesehatan demi mencegah penularan.

"Karena kita tidak tahu siapa yang sedang terjangkit virus atau tidak. Apalagi ada orang tanpa gejala alias tidak menunjukkan dia sedang sakit. Namun bisa menularkan virus corona ke orang lain," pungkasnya.

Komunitas Juli MP X
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.035

Bagikan