Bersih-bersih ala Erick Thohir, Minta PSSI dan PT LIB Diaudit sebelum Gulirkan Liga 1

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 19 April 2023
Bersih-bersih ala Erick Thohir, Minta PSSI dan PT LIB Diaudit sebelum Gulirkan Liga 1
Ketum PSSI Erick Thohir menggelar konferensi pers di GBK Arena, Jakarta, Rabu (19/4). (PSSI)

BolaSkor.com - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, akan meminta dilakukan audit terhadap PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) sebelum kompetisi Liga 1 musim depan digulirkan. Langkah ini diambil karena Erick merasa ada ketidakkonsistenan PT LIB dalam memberikan bonus atau hadiah kepada juara Liga di setiap musimnya.

Selain itu, Erick juga meminta terkait pembagian kompensasi dari hak siar serta sponsor untuk disampaikan secara terbuka. Menurutnya hal ini menjadi penting untuk mendorong transparansi dalam tata kelola sepak bola Indonesia.

"Audit ini diperlukan agar terjadi kejelasan dan perbaikan pada pengelolaan keuangan pada seluruh pemangku kepentingan persepakbolaan Indonesia. Saya akan lakukan bersih-bersih (baik di Liga maupun PSSI). Harus bisa dipertanggungjawabkan," kata Erick Thohir dalam konferensi pers di GBK Arena, Jakarta, Rabu (19/4).

"Apa yang di Liga dan apa di PSSI. Semua harus terbuka agar tidak saling menyalahkan atau menjatuhkan. Baik Liga, PSSI, maupun klub," ujarnya menambahkan.

Baca Juga:

Erick Thohir Usul Klub Bisa Kena Pengurangan Poin jika Suporternya Berulah

PT LIB Jelaskan soal PSM Tidak Dapat Prize Money Juara Liga 1 2022/2023

Tak Ingin Jadi Polemik, Erick Thohir Kucurkan Bonus Rp2 Miliar untuk PSM

Erick menuturkan, bukan hanya PT LIB yang akan diaudit, tetapi juga PSSI. Pasalnya, induk organisasi sepak bola di Tanah Air itu memiliki satu persen saham di PT LIB.

"Hal ini juga akan diaudit, termasuk digunakan untuk kepentingan apa dan dihitung sebagai penerimaan apa di PSSI pemasukan dari saham itu. Di Malaysia, federasi sepakbola memiliki saham 60% di liganya. Tapi di Indonesia sangat demokrasi, hanya 1%. Luar biasa. Namun, saya akan tetap hormati keputusan para pendahulu kita. Saya hormati kesepakatan sebelumnya," jelas Erick Thohir.

Menurut Erick, langkah ini harus diambil karena sejak awal dirinya mendorong keterbukaan dan transparansi di PSSI. Apalagi jika berkaitan dengan keuangan atau pendanaan supaya ke depan tidak ada lagi yang ditutup-tutupi.

"Saya dengar, dalam kerja sama antara LIB dengan PSSI yang sudah berjalan sebelumnya, ada pembayaran LIB ke PSSI melalui transfer. Nah, hal ini juga akan saya audit nanti, uangnya ke mana. Tanpa menyalahkan siapa-siapa. Kan mau terbuka. Apalagi sepak bola ini milik rakyat. Kami ini hanya ditugaskan untuk membersihkan," tutur Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu.

Pssi PT Liga Indonesia Baru PT LIB Erick thohir Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.438

Bagikan