Bertemu PSSI, Kemenkumham Akan Percepat Proses Naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Selasa, 26 April 2022
Bertemu PSSI, Kemenkumham Akan Percepat Proses Naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat
Sekjen PSSI Yunus Nusi saat menemui Ditjen AHU Kemenkumham di kantor Kemenkumham, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (26/4). (PSSI)

BolaSkor.com - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia atau Kemenkumham mendukung percepatan proses naturalisasi terhadap dua pemain keturunan, yaitu Sandy Walsh dan Jordi Amat.

Sebab, keduanya sangat dibutuhkan oleh pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, untuk menghadapi Kualifikasi Piala Asia 2023 pada 8-14 Juni 2022.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, usai melakukan pertemuan dengan Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU) Kemenkumham, Cahyo Rahadian Muzhar dan Direktur Tata Negara Dithen AHU Kemenkumham, Baroto, di kantor Kemenkumham, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (26/4).

"Alhamdulillah, pertemuan dan diskusi dengan pihak Kemenkumham tadi sangat positif hasilnya," kata Yunus Nusi.

"Pihak Kemenkumham sangat membantu dan mendukung proses naturalisasi calon pemain timnas Indonesia yakni Sandy Walsh dan Jordi Amat ini agar selesai dengan cepat," tambahnya.

Baca Juga:

Sandy Walsh dan Jordi Amat Sudah Tanda Tangan Berkas Kemenkumham

Pesan Menpora ke PSSI di HUT ke-92, Sukseskan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia

Atas dukungan penuh Kemenkumham melalui Ditjen AHU untuk percepatan proses naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat, Yunus Nusi mewakili PSSI menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasihnya.

"Saat ini proses tinggal satu syarat lagi yang harus dipenuhi oleh PSSI agar dua pemain tersebut resmi menjadi WNI. Intinya, PSSI mengikuti aturan dan prosedural dari pemerintah Indonesia terkait program ini," tutur Yunus Nusi.

Sebelumnya, PSSI sempat mengutus anggota Komite Eksekutif (Exco), Hasani Abdulgani, bersama salah seorang staf, Hamdan Hamedan, untuk menemui Jordi Amat dan Sandy Walsh di Belgia.

Selang beberapa hari kemudian, tepatnya sebelum kembali ke Indonesia, Hasani juga bertemu dengan Shayne Pattynama. Pemain Viking FK itu ditemui belakangan oleh Hasani karena harus bermain untuk klubnya di Liga Norwegia sehingga tidak bisa datang bersama Jordi dan Sandy.

Dalam pertemuan itu, Hasani menyerahkan sejumlah dokumen yang harus ditandatangani oleh para pemain keturunan tersebut untuk proses perpindahan kewarganegaraan di Kemenkumham. Salah satu dokumennya adalah surat pernyataan kesediaan menjadi Warga Negara Indonesia atau WNI.

Timnas Indonesia Pssi Sandy Walsh Jordi Amat Shayne Pattynama Yunus Nusi Naturalisasi Shin Tae-yong Kualifikasi Piala Asia 2023 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.175

Bagikan