BolaSkor.com - UEFA mengeluarkan beberapa keputusan terbaru untuk merespons pandemi virus corona yang tengah berlangsung. Konfederasi sepak bola Eropa itu menunda sejumlah event dan fokus untuk menyelesaikan kompetisi domestik para anggotanya.

Keputusan itu, dikutip dari Football.London, diambil setelah UEFA mengadakan rapat melalui video conference dengan perwakilan 55 asosiasi anggotanya, Rabu (01/04) waktu setempat.

Liga-liga domestik seperti Premier League, LaLiga, Serie A dan banyak lagi memang tengah ditunda. Sebagian besar liga masih menyisakan sembilan sampai 13 pertandingan lagi.

UEFA awalnya memberi tenggat waktu agar kompetisi domestik bisa selesai paling lambat 30 Juni. Namun keputusan itu dianulir dan kini tidak ada batasan waktu terkait jadwal selesainya kompetisi tersebut.

Demi mewujudkannya, UEFA bahkan sampai rela menunda sejumlah event tim nasional yang berlangsung musim panas mendatang demi menyelesaikan kompetisi domestik. Event-event yang ditunda meliputi Piala Eropa U-17, Piala Eropa Putri U-17, Piala Eropa U-19 dan Piala Eropa Putri U-19.

Sebelumnya, UEFA juga telah lebih dulu menunda penyelenggaraan Piala Eropa 2020. Turnamen ini bahkan mundur hingga setahun lamanya.

Baca Juga:

UEFA Punya Rencana Batalkan Kompetisi Musim 2019-2020

Pencabutan Regulasi FFP dan Perubahan Besar Harga Pemain karena Virus Corona

UEFA Plintat-plintut Soal Penamaan Piala Eropa

Sementara kelanjutan Liga Champions dan Liga Europa sangat bergantung dengan selesainya liga-liga domestik. Dua kompetisi ini kemungkinan bisa dilanjutkan pada Juli atau Agustus.

Hal inilah yang coba untuk dikejar UEFA. Namun kelanjutan liga-liga tersebut masih sangat tergantung dengan perkembangan virus corona.

Liga Champions ditunda pada Maret lalu ketika tengah memasuki babak 16 besar. Sementara Liga Europa tengah menggelar babak 32 besar ketika ditunda.

Turnamen-turnamen yang ditunda itu adalah:

1. Seluruh laga timnas wanita dan putra yang dimainkan Juni 2020, termasuk play-off Piala Eropa 2020 dan Kualifikasi Piala Eropa 2021 wanita.

2. Seluruh kompetisi UEFA lainnya seperti laga-laga uji coba.

3. Kompetisi usia muda yang meliputi: Piala Eropa U-17, Piala Eropa Wanita U-19, Piala Eropa U-17, Piala Eropa U-19

4. Liga Champions Futsal UEFA