BolaSkor.com - Para pembalap harus selalu siap mengalami kecelakaan yang mungkin terjadi di setiap ajang balapan. Termasuk di ajang balap motor sekelas MotoGP.

Selain menggunakan motor dengan harga mahal, tentu biaya yang tak sedikit juga dibutuhkan untuk memperbaiki motor jika mengalami kerusakan.

Lalu berapa biaya yang dibutuhkan sebuah tim untuk memperbaiki motor MotoGP? Berdasarkan data yang diperoleh dari tim Repsol Honda dan dikutip dari gpcornercom, biaya perbaikan motor RC213V akan berbeda tergantung seberapa parah kerusakannya.

Baca Juga:

Kejutan, Jorge Lorenzo Ingin Kembali ke MotoGP dan Diisukan Merapat ke Yamaha

Gagal Tes Doping, Andrea Iannone Dilarang Balapan

Jika motor mengalami kerusakan ringan seperti kerusakan pada komponen fairing, tuas rem atau footstep, butuh biaya sekitar 15 ribu-20 ribu euro yang setara dengan Rp 234 juta hingga Rp 312 juta.

Sementara untuk kerusakan berat, biayanya semakin bertambah hingga mencapai 100 ribu atau sekitar Rp 1,5 miliar. Biaya ini untuk mengganti komponen pelek, rem, suspensi, dan radiator motor yang mengalami kerusakan.

Harga perbaikan motor RC213V bisa mencapai 500 ribu euro atau setara Rp 7,8 miliar, jika beberapa bagian penting motor ikut mengalami kerusakan.

Seperti sasis, swingarm, tangki, eletronik inti dan mesin. Jadi jika dalam sebuah rangkaian lomba MotoGP seorang pembalap terjatuh berulang kali, maka dipastikan tim harus merogoh kocek lebih dalam.* (Shyanne Gunawan)

Baca Berita Selengkapnya soal MotoGP Lainnya di KabarOto.com