BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti Tukiman, mengisyaratkan perubahan skuat inti, saat partai melawan Vietnam U-16 pada Piala AFF U-16 2022, Sabtu (6/8).

Perubahan memang dengan mudah bisa dilakukan Bima Sakti. Sejak awal masa persiapan, terutama ketika menggelar persiapan di Stadion UNY, Depok, Sleman, skuat Timnas U-16 disebut-sebut sangat berimbang di setiap lini.

Makanya, Bima Sakti tak ragu ketika ada pemain yang mengalami cedera. Perubahan ini sudah dilakukan ketika laga melawan Singapura. Ada beberapa pemain yang tampil melawan Filipina, kemudian diistirahatkan.

"Ada perubahan beberapa pemain, karena saat lawan Singapura kemarin memang ada yang kami istirahatkan, dengan tujuan supaya lebih fresh melawan Vietnam," kata Bima Sakti, Jumat (5/8).

Bima Sakti mengatakan perubahan ini memiliki sisi positif. Tak ada satu pemain pun yang posisinya aman di skuat inti Timnas U-16.

Baca Juga:

Bima Sakti Tak Ingin Rivalitas Panas dengan Vietnam Ganggu Mentalitas Timnas U-16

Bima Sakti Minta Masyarakat Tak Terlalu Memuji Timnas Indonesia U-16

Kebijakan ini sebenarnya sudah dilakukan sejak era 2019. Namun, Bima Sakti mengakui bahwa skuat edisi kali ini memang lebih merata di setiap lini.

"Dari era Marselino (Ferdinan) tahun 2019 sampai sekarang tidak ada pemain inti, pemain cadangan. Jadi, semua memiliki kesempatan. Atmosfer itu terbawa di setiap latihan. Jadi mereka selalu fight untuk menunjukkan siapa yang layak untuk dimainkan," jelas Bima Sakti.

Hanya saja, salah satu pos yang tak akan diubah adalah sektor penjaga gawang. Andrika Fathir Rachman dianggap lebih siap ketimbang Andika Putra Setiawan dan Ikram Al Ghiffari yang sempat menepi.

Namun, perubahan juga tetap ada potensi, tergantung rekomendasi dari pelatih kiper, Markus Haris Maulana.

"Kami tergantung Markus (Horison) penilaiannya bagaimana. Kalau Ikram siap ya kami coba, tapi ambil aman dulu karena Andrika selama ini juga yang lebih siap," jelas Bima Sakti.

Timnas U-16 hanya butuh satu poin untuk lolos ke babak semifinal Piala AFF U-16 2022. Namun, Timnas U-16 menegaskan ingin meraih kemenangan melawan Vietnam U-16. (Laporan Kontributor Putra Wijaya)