BolaSkor.com - Timnas Indonesia U-16 menjadi perhatian menyusul kemenangan telak atas Singapura U-16 9-0 pada laga kedua fase Grup A Piala AFF U-16 2022, Rabu (3/8) malam.

Namun, kemenangan yang membuat Timnas U-16 memimpin klasemen Grup A diharapkan tak disikapi berlebihan. Hal ini diminta pelatih Timnas U-16, Bima Sakti.

Bima menyebut evaluasi tetap dilakukan meski menang telak 9-0. Penting bagi para pemain untuk terus berprogres di setiap pertandingan.

Baca Juga:

Timnas U-16 Menang 9-0, Bima Sakti Ingatkan Pemain Tak Larut Euforia

Timnas U-16 Hajar Singapura 9-0, Vietnam Gulung Filipina

"Kita akan evaluasi tentang video pertandingan ini. Artinya, walau menang besar, tidak boleh terlalu cepat puas, tidak boleh euforia terlalu besar," kata Bima Sakti usai pertandingan.

Mantan gelandang Timnas Indonesia ini turut berpesan agar masyarakat tidak terlalu memuji Muhammad Nabil Asyura dkk. Piala AFF U-16 merupakan bagian kecil dari perjalanan karier skuat Garuda Muda.

"Kita berharap masyarakat pecinta sepak bola tidak memuji terlalu besar, karena ini belum ada apa-apanya. Tim ini masih banyak kekurangan, masih harus belajar lagi, yang penting kita berproses dengan baik," tuturnya.

Setelah ini, tantangan yang lebih berat akan datang. Di atas kertas, Vietnam jauh lebih bagus dari Singapura dan Vietnam.

Apalagi Vietnam sukses menggulung Filipina 5-0, setelah sebelumnya menang 5-1 atas Singapura. Bima Sakti akan memanfaatkan waktu tersisa untuk berbenah.

"Kita akan recovery dan akan rendam es setelah latihan pagi. Semoga dua hari ini bisa cepat pulih, tapi saya juga tidak khawatir karena ada pemain lain yang siap," ujar Bima Sakti.

Sebelumnya, sembilan gol yang dicatatkan Indonesia berasal dari Muhammad Nabil Asyura menit ke-3, 17 dan 30 serta Muhammad Kafiatur Rizky menit ke 35 dan 43.

Lalu, ada juga dari Mokh Hanif Ramadhan menit ke-21, Riski Afrisal menit ke-59, Waliy Marifat menit ke-80 serta I Komang Ananta Krisna Putra menit ke-90+2. (Laporan Kontributor Putra Wijaya)