BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, mempersembahkan gelar juara Piala AFF U-16 2022 untuk keluarga dan Bangsa Indonesia yang akan merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-77 yang akan jatuh pada Rabu (17/8).

Timnas Indonesia U-16 memastikan gelar juara usai mengalahkan Vietnam U-16 dalam laga final di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (11/8). Tim Merah Putih menang berkat gol Kafiatur Rizky di pengujung babak pertama.

Ini jadi gelar kedua Timnas Indonesia U-16 di ajang Piala AFF U-16. Sebelumnya, Indonesia juga berhasil menjadi juara di turnamen ini pada 2018 lalu setelah mengalahkan Thailand U-16 di Gelora Delta, Sidoarjo.

"Saya persembahkan untuk anak saya dan istri saya yang hadir di stadion. Ini juga menjadi kado untuk Bangsa Indonesia yang akan memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus," kata Bima saat diwawancara stasiun televisi swasta nasional usai pertandingan.

Baca Juga:

Piala AFF U-16 2022: Sikat Vietnam 1-0, Timnas Indonesia U-16 Juara

Tampil di Final Piala AFF U-16 2022, Timnas Indonesia U-16 Diguyur Rp150 Juta

Piala AFF U-16 2022: Hajar Myanmar, Thailand Peringkat Ketiga

Bima menjelaskan, sebelum pertandingan, dirinya sempat menyampaikan sejumlah pesan kepada para pemainnya. Ternyata pesan dari Bima itu berhasil membakar semangat bertanding Muhammad Iqbal Gwijangge dkk. di atas lapangan.

"Saya mengatakan, momen ini (final) bisa merubah masa depan kalian," ujar Bima.

Kendati demikian, Bima tidak mau mengeklaim bahwa keberhasilan ini berkat perannya sebagai pelatih Timnas Indonesia U-16. Bima justru menyebut bahwa kedua orangtua dari para pemain dan pelatih mereka di SSB yang lebih berjasa ketimbang dirinya.

"Terus terang, saya hanya meneruskan. Ini semua berkat motivasi para orang tua dan para pelatih mereka di SSB," ujar Bima.