BolaSkor.com - Timnas Indonesia U-16 akhirnya menyudahi pemusatan latihan atau training camp (TC) yang berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong, sejak 16 November lalu. TC Timnas Indonesia U-16 ditutup dengan internal game.

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, mengaku secara keseluruhan puas dengan hasil pada TC. Ia ingin para pemainnya membiasakan diri dengan sistem berlatih ketika Piala Asia U-16 nanti.

“Di TC kita yang terakhir bulan ini, kami mengadakan internal game, beberapa hari sebelumnya kami juga melakukan hal yang sama," kata Bima Sakti seperti dilansir dari laman resmi PSSI.

Baca Juga:

Timnas Indonesia U-16 Harus Uji Coba Internasional Awal Tahun 2021

Ronaldo Mampu Beradaptasi dengan Baik di Timnas Indonesia U-16

"Hal ini dilakukan untuk membiasakan anak-anak bagaimana nanti saat menghadapi turnamen Piala Asia U-16, saya juga menyamakan jadwal seperti halnya turnamen tersebut, dimana ada waktu main, istirahat, lalu main kembali."

"Kemudian, saya juga ingin membiasakan para pemain untuk bermain di perubahan kondisi cuaca, seperti dari sejuk ke panas, yang kita lakukan pagi ini, hingga menjelang siang hari," tambah mantan pemain Timnas Indonesia era 1990-an tersebut.

Untuk pemain sendiri, pelatih yang pernah juara bersama PSM Makassar tersebut mengaku banyak peningkatan. Mulai dari fisik, pemahaman taktik, sampaii dengan kekompakan tim.

“Saya melihat banyak sekali yang meningkat dari pemain, seperti kerja sama tim, koordinasi lini belakang yang selama ini menjadi kekurangan kita, saat dua kali bertemu tim UEA U-16 sudah membaik," ujar Bima.

"Dimana tim harus bermain lebih dekat dan rapat lagi dalam bertahan untuk antisipasi serangan balik langsung dari lawan, agar tidak mudah ditembus lawan,” pungkas Bima Sakti.