BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, mengatakan peran pemain senior sangat penting bagi pesepak bola junior di Skuat Garuda di level U-23 hingga Senior. Ia pun memberikan penjelasan mengenai hal tersebut.

"Saya dahulu saat di Timnas Indonesia sangat beruntung bertemu para pemain senior bijak dan disiplin, macam coach Fakhri (Husaini), coach Widodo (Cahyono Putro), coach Aji (Santoso), bang Ansyari Lubis, hingga kang Robby Darwis. Mereka punya attitude luar bisa yang patut dicontoh jadi panutan," kata Bima Sakti saat bincang-bincang live Instagram bersama BolaSkor.com.

Baca Juga:

Cerita Duel Bima Sakti Vs Kapten Timnas Swedia di Piala Dunia 1994

Bima Sakti Jelaskan Pentingnya Kompetisi Usia Muda bagi Sepak Bola Indonesia

"Itulah pentingnya pemain senior. Terkadang pemain senior bisa memberikan dampak buruk bagi para junior, akhirnya bakat para junior mendem. Beruntung saya bertemu mereka semua di Timnas Indonesia," tambahnya.

Tak hanya itu, Bima Sakti menyebut sosok panutan lainnya dalam membangu kariernya dari pemain hingga jadi pelatih. Sosok tersebut adalah Danurwindo.

"Om Danur sangat panutan bagi saya. Saya ingat betul dia jadi asisten Anatoli Polosin di Timnas Indonesia SEA Games 1991, itu kali pertama kesan saya dengan Om Danur. Bawa Indonesia meraih emas. Sampai saat ini, beliau masih jadi panutan saya di karier kepelatihan. Peran dan jasanya sangat penting dalam membangun sepak bola Indonesia," tambahnya.